Talkactive.id Berikan Pelatihan Personal Branding Untuk Tenaga Pandu Kapal

Bogor – Talkactive.id kembali mengadakan pelatihan personal branding dan membangun komunikasi efektif, pada Senin, 5 September 2022 di IPC Corporate University, Ciawi, Bogor.

Kali ini PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) atau Pelindo Pembelajaran & Konsultansi kembali mempercayakan Talkactive.id dalam mengadakan pelatihan tersebut mengenai Tenaga Pandu Kapal.

Project Manager Talkactive.id, Nurul Endahwati menerangkan bahwa kemampuan untuk membangun personal branding dan komunikasi sangat penting dimiliki oleh Tenaga Pandu Kapal.

“Salah satu kompetensi Pandu yang harus dimiliki adalah skill komunikasi dan bagaimana membangun citra diri untuk menjaga nama baik perusahaan dan menghadapi perubahan,” ungkap Nurul

Berdasarkan Permenhub No. 57 Tahun 2015, terkait Pemanduan dan Penundaan Kapal, Pandu didefinisikan sebagai  pelaut yang mempunyai keahlian di bidang nautika. Selain itu, pandu juga harus memenuhi persyaratan dalam melaksanakan pemanduan kapal. Pada pelaksanaannya pelaksanaan pandu dan penundaan kapal memiliki dua jenis , yaitu perairan wajib pandu dan perairan pandu luar biasa, yang masing-masingnya dilakukan oleh seorang Pandu. Adapun pandu yang memiliki sertifikat pandu tingkat II dapat melakukan pemanduan terhadap kapal dengan ukuran panjang (Length Over All/ LOA) kurang dari 200 meter.

Pada acara tersebut, Nurul juga menyampaikan bahwa selama pelatihan berlangsung, peserta diajak memahami konsep dasar branding serta pentingnya komunikasi. Peserta juga diajak untuk mengidentifikasi  personal branding tokoh-tokoh terkenal di Indonesia.

“Kami dari talkactive.id memberikan konsep apa itu personal branding dan peserta diajak untuk mengidentifikasi tokoh terkenal yang dari sisi branding sudah dikenal luas,” ujar Nurul.

Keseruan ini pun dirasakan oleh sebanyak 41 peserta yang akan siap menjadi Pandu yang profesional dan komunikatif. Salah satu peserta, Albertson menyatakan bahwa selama pembelajaran, kelas yang ia ikuti menarik, mantap, serta trainer yang ahli di bidangnya.

Materi Pendidikan dan pelatihan kali ini dibawakan oleh Ferik Trianda, selaku Co.Founder Talkactive.id, sekaligus Praktisi Branding & PR. Menurutnya,  untuk menjadi seorang pandu yang dikenal dan disenangi banyak orang, perlu mencari dan menemukan keunikan dari masing-masing Pandu.

“Strategi membangun personal branding ini bisa dilihat dari penampilan, sikap dan perilaku, serta yang paling penting adalah cara mereka berkomunikasi,” ungkap Ferik.

Ia juga menuturkan bahwa dalam membangun komunikasi efektif, perlu berfokus pada 3V (Verbal, Voice, Visual). Kategori  verbal adalah tulisan dan kata, voice merupakan teknik mengatur intonasi, seperti kecepatan berbicara, volume berbicara, hingga power . Terakhir, yang paling berpengaruh adalah visual (body language).

“Jika 3V ini dapat dipraktikkan dengan baik, maka komunikasi baru bisa dikatakan efektif. Aspek visual sangat berpengaruh, bahkan 55% komunikasi kita efektif atau tidak ditentukan oleh bahasa tubuh kita,” jelas Ferik.

Saat ini, Talkactive.id terus berkomitmen untuk memberikan pengembangan softskill , tidak hanya topik komunikasi namun juga capacity building dan selfdevelopment. Talkactive.id hingga saat ini telah memiliki puluhan klien yang tersebar di Indonesia dan menghadirkan para trainer yang berpengalaman di bidangnya. Salah satu trainer di Talkactive.id adalah Puteri Indonesia Pariwisata 2016, Intan Aletrino.