Targetkan Vaksinasi 100 Persen, Forkopimca Talamau Lakukan Subuh Vaksin

Pasaman Barat Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (forkopimca) Talamau Kabupaten Pasaman Barat melakukan inovasi baru dalam mengupayakan percepatan pencapaian target 100 persen vaksinasi Covid-19 dengan gelar kegiatan subuh vaksin, di Jembatan Panjang Jorong Limpato Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Kegiatan Subuh, Senin 6 Desember 2021.

Inovasi tersebut dinamakan dengan “Subuh Vaksin”. Subuh Vaksin merupakan sebuah program yang diluncurkan oleh Forkopimca Talamau bersama wali nagari dan pihak puskesmas setempat dalam rangka percepatan vaksinasi dan pencapaian target vaksinasi 100 persen.

Kapolsek Talamau, AKP. Junaidi memaparkan bahwa subuh vaksin dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan vaksinasi bagi masyarakat yang belum tersentuh vaksin dari berbagai kegiatan gerai vaksin yang telah dilaksanakan oleh pemerintah secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, nagari dan jorong sebelumnya.

“Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kecamatan Talamau sudah berada di angka 68 persen. Target kami pada Desember ini akan tercapai 100 persen. Untuk mengupayakan hal tersebut, subuh vaksin kami laksanakan untuk percepatan pencapaian target vaksinasi. Sasaran subuh vaksin adalah masyarakat yang bekerja sebagai kuli bangunan atau lainnya yang berangkat kerja setelah subuh atau sekitar pukul 5:30 pagi,” papar Junaidi.

Junaidi menerangkan, secara teknis, subuh vaksin dilaksanakan dengan melakukan penyekatan jalan dan selanjutnya mengajak masyarakat yang melintas untuk melaksanakan vaksinasi.

“Banyak dari pekerja yang memulai aktivitas setelah subuh. seperti kuli bangunan, rata-rata dari mereka berangkat bekerja pukul 5:30 pagi. Untuk mencapai sasaran vaksinasi, kami lakukan penyekatan jalan di jembatan panjang dan mengajak masyarakat untuk segera divaksin. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan sesuai harapan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Talamau Adrizal menjelaskan bahwa pencapaian target vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Talamau saat ini berada di angka 74,03 persen untuk Nagari Kajai dan 64 persen untuk Nagari Talu dan Sinuruik. Secara keseluruhan, capaian target vaksinasi Kecamatan Talamau berada di angka 68 persen.

“Secara keseluruhan dari tiga nagari yang ada, pencapaian taget vaksinasi kecamatan Talamau berada di angka 68 persen. Forkopinca Talamau bertekad, melalui upaya yang telah dilakukan, vaksinasi clCovid-19 di Kecamatan Talamau dapat mencapai target 100 persen,” harap Adrizal.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wali Nagari Kajai, Afni Rozi, Wali Nagari Talu, Mahyudanil, Wali Nagari Sinuruik Faridh Muhammad Ali, jajaran Polsek Talamau dan Puskesmas setempat.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.