Tim Kesenian Solok Dikirim ke Thailand

SOLOK, KABARSUMBAR – Tim kesenian Kota Solok, Sumatera Barat dikirim ke Bangkok, Thailand sebagai salah satu perwakilan provinsi untuk menampilkan kesenian tari dalam acara gelar “ekraf diplomatic red cross bazaar”.

“Alhamdulillah tim seni dari Solok terpilih bersama tim dari Padang Panjang dan Bukittinggi sebagai perwakilan Sumbar dan Indonesia untuk mempertunjukkan seni tari dan tradisi daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri di Solok, Kamis (28/2).

Ia menyebutkan tim akan berada di Bangkok selama tiga hari dari 1 sampai 3 Maret 2019 dengan kegiatan pertunjukkan tari di Royal Paragon Hall dan workshop di salah satu universitas di Bangkok.

“Ada lima tari yang akan ditampilkan tim seni yaitu Tari Indang, Pasambahan, Tari Piring, Tari Payung dan Tari Suka Ria,” ujarnya.

Elvi berpesan agar tim kompak dan harus memperlihatkan nilai-nilai budaya dan tradisi daerah yang baik dan menjadi perwakilan Sumbar yang membanggakan.

“Kalian membawa nama baik kota, provinsi dan negara. Jadi, harus menjaga nama baik dan menunjukkan budaya daerah dengan budi yang luhur,” sebutnya.

Sebelumnya, seleksi seni pertunjukkan dilakukan di Padang pada 30 Januari 2019 kemarin. Tim seni Solok akan dibiayai penuh oleh Dinas Pariwisata Sumbar.

Sementara, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan setempat, Jefrizal mengatakan bahwa Solok sangat bangga melepas tim keseniannya melakukan pertunjukkan ke Bangkok, Thailand.

“Saya berharap tim seni dapat mempromosikan budaya, daerah dan keanekaragaman kesenian di Solok kepada dunia,” ujarnya.

Menurutnya, ini salah satu bentuk promosi daerah yang akan diperkenalkan pada dunia sehingga akan membuat peluang kunjungan wisatawan mancanegara ke Solok.

Salah seorang tim seni, Resa Merlin Pratiwi menyebutkan Ia sangat bangga bisa mewakili Solok dan Sumbar untuk menampilkan tari dan kesenian daerah di sana.

“Kami dari Sanggar Lubuak Nan Tigo akan berusaha menampilkan yang terbaik pada pertunjukkan di Bangkok dan tidak mengecewakan daerah,” katanya.

(Fernandez)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...