Ulah Kapolres Tanah Datar Menyita Perhatian Arist Merdeka Sirait, Ini Yang Terjadi

Fhoto : Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas dinobatkan sebagai Kapolres Peduli Anak Oleh Ketua Komnas PAI Arist Merdeka Sirait, Kamis (27/09).(Sudirman/ddy)
Fhoto : Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas dinobatkan sebagai Kapolres Peduli Anak Oleh Ketua Komnas PAI Arist Merdeka Sirait, Kamis (27/09).(Sudirman/ddy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM – Akibat ulah dari pimpinan jajaran Polres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas yang selalu berani terhadap pelaku pelecehan anak, membuat Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait menyambangi Mapolres Tanah Datar, kamis (27/9).

Bukan ingin menindak atau melaporkan pejabat melati dua itu, namun kedatangan orang nomor satu di Komnas Pelindungan Anak Indonesia ini menyerahkan penghargaan kepada Bayuaji yang dinilai peduli terhadap anak.

Buktinya, puluhan kasus yang terjadi diwilayah hukumnya terkait dengan pelecehan anak di babat habis hingga membuat ia dilaporkan ke panitia penilaian Nomisai Komnas Perlindungan Nnak Indonesia Award yang akan dilaksanakan 3 November 2018 mendatang.

“Tanpa disadari, saya bisa langsung memberikan penghargaan kepada Kapolres Bayu yang kami nilai berani membuktikan jika kejahatan anak termasuk kejahatan yang harus dihapus,” ucap pria kelahiran Pematang Siantar kepada awak media usai memberikan penghargaan.

Ia mengatakan, kepedulian seorang pimpinan polisi ini menjadi hal yang pantas diberikan apresiasi. Katanya, Kapolres Bayu tidak hanya berhasil menindak pelaku kejahatan anak, namun ia juga dapat memberikan motivasi kepada bawahan.

Katanya, dalam aturan terdapat 10 hak anak yang mesti menjadi perhatian masyarakat, orang tua dan hak tersebut juga dijamin oleh komite international.

“Komite Nasional Pelindungan Anak Indonesia memberikan kesempatan kepada Kapolres Tanah Datar masuk dalam nominasi Komnas PAI Award, dan ia pantas mendapatkannya,” ujar pria kelahiran 17 Agustus 1960 yang didampingi istrinya ini.

Sementara itu, Kapolres AKBP. Bayuaji Yudha Prajas mengungkapkan penghargaan ini merupakan suatu yang sangat istimewa dalam karirnya di kepolisian. Dan ucapan terimakasihnya kepada Komnas Anak yang sudah memberikan kesempatan mengikuti Komnas PAI Award.

“Ia berharap terobosan yang diterapkan dalam melindungi anak adalah tugas dan tanggung jawab bersama, terumata dari kecelakaan lalu lintas. Hal itu kami lakukan dengan menyediakan 2 bus dalmas untuk menjemput anak anak untuk berengkat kesekolah sejak awal berdinas di Tanah Datar ini,” tutur Bayuaji.

Diketahui, Bayuaji tidak hanya melakukan terobosan dalam menyediakan bus Dalmas untuk pelajar, namun perwira penerbangan ini juga berhasil membina polisi cilik, dan patroli keamanan sekolah.(ddy)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.