UM Sumbar Gelar Seminar Nasional Bertajuk “Mengenang Satu Abad Usmar Ismail”

  • Bagikan
Foto : internet

Bukittinggi – Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat merupakan perguruan tinggi swasta pertama merekomendasikan sosok Usmar Ismail menjadi Pahlawan Nasional, Senin 22 Maret 2021.

Rektor UM Sumatera Barat, Dr. Riki Saputra menilai sosok Usmar Ismail sangat layak menyandang gelar sebagai Pahlawan Nasional.

Beberapa pertimbangan yang mendasari UM Sumatera Barat mendukung Usmar Ismail, sebagai salah satunya karena dia merupakan putra kelahiran Bukittinggi.

“Dari segi intelektualnya, Usmar Ismail punya banyak peran dalam memajukan Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut Riki mengatakan, rekomendasi itu sudah diserahkan ke Pemerintah dan berharap hal ini bisa terealisasi.

“Keluarga Usmar Ismail juga meminta dukungan kita. Setelah ini, kita akan mengadakan berbagai kegiatan seperti workshop atau lokakarya untuk memperkokoh eksistensinya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut UM Sumatra Barat menggelar Seminar Nasional bertajuk “Mengenang 1 Abad Usmar Ismail” dengan menghadirkan anak dari Usmar Ismail, Wartawan Senior Hasril Chaniago, Sineas Arief Malinmudo dan Asisten III Pemko Bukittinggi Melfi.

Di penghujung acara, juga berlangsung penandatangan petisi, mendukung Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional. Usmar Ismail merupakan seorang sastrawan, sutradara dan wartawan terkenal di Indonesia.

  • Bagikan