Wabup Richi Aprian Minta PT KAI Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api

  • Bagikan
Foto : Wabup Richi Aprian Minta PT KAI Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api.

Tanah Datar – Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu kawasan yang dilintasi jalur kereta api peninggalan Belanda yang menghubungkan Sawahlunto/Sijunjung ke Pelabuhan teluk bayur di kota Padang.

Saat ini lintasan rel kereta api yang berada di kabupaten Tanah Datar tersebut sudah tidak aktif lagi. Sebelumnya jalur tersebut sempat aktif membawa kereta wisata dari kota Solok menuju stasiun kubu kerambil yang tentunya melintasi pinggiran danau singkarak.

Namun hanya bertahan beberapa tahun saja hingga saat ini jalur tersebut sudah tidak di pakai lagi dan kondisinya juga sudah di penuhi semak.

Melihat potensi yang dimiliki tersebut, terutama dari sisi pariwisata, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyampaikan harapannya langsung kepada Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo, untuk mengaktifkan kembali kereta api tersebut.

Baca Juga :  Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, Pacu Jawi Jadi Atraksi Budaya Terpopuler II

“Jika aktif kembali kereta api tersebut dapat diperuntukkan untuk pariwisata, serta mengangkut orang dan barang dan tentunya sejalan dengan perekonomian masyarakat yang akan meningkat,” kata Wabup Richi pada Senin 24 Mei 2021.

Lebih lanjut Wabup mengatakan bahwa pemerintah daerah berusaha mendorong agar jalur kereta pai tersebut aktif kembali termasuk di kabupaten Tanah Datar yang dilalui jalur kereta api serta pemanfaatan aset-aset PT KAI yang saat ini terbengkalai salah satunya stasiun-stasiun.

“Kami mendorong agar kereta api diaktifkan kembali di Sumatra Barat termasuk di Kabupaten Tanah Datar. Ini tentunya bertujuan untuk peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat,” ujarnya.

Selain Wabup Tanah Datar, turut hadir juga kepala-kepala daerah yang mana daerahnya juga termasuk ke dalam atau dilintasi oleh jalur kereta api, dianataranya Walikota Bukittinggi, Walikota Padangpanjang, Walikota Sawahlunto, Wakil Walikota Solok, dan Bupati Sijunjung.

Baca Juga :  Hargai Gagasan Warga, Irdinansyah Hadiri Silahturahmi Politik Ala Lintau

Pertemuan antara beberapa kepala daerah dengan PT KAI tersebut juga difasilitasi oleh anggota DPR RI Andre Rosiade. Yang mana pertemuan tersebut membahasa berbagai macam isu, salah satunya kolaborasi percepatan pembangunan di Sumatra barat khususnya dibidang perkeretaapian.

  • Bagikan