Travel  

Wajib Dikunjungi! Destinasi Wisata Low Budget di Sekitaran Kampus Unand

Gerbang kampus Universitas Andalas. Foto: Internet

Padang – Universitas Andalas (Unand) merupakan salah satu kampus negeri di Kota Padang yang lokasinya terletak di atas bukit Limau Manih. Terkenal dengan suasana kampus yang asri, ternyata ada berbagai tempat di Unand yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata atau rekreasi bersama teman dan keluarga loh.

Beberapa tempat bahkan bisa diakses secara gratis, pastinya cocok banget buat kamu yang pengen healing versi low-budget.

1. Lapangan Pramuka

Lapangan ini biasanya dijadikan tempat kegiatan kemah. Foto: Internet

Lapangan Pramuka terletak di bagian belakang Unand. Hamparan rumput yang luas dengan pemandangan yang cantik akan menyambutmu seketika tiba disana. Dari tempat ini, kamu bahkan bisa melihat pemandangan Kota Padang. Tempat ini paling enak dikunjungi ketika pagi hari untuk melihat matahari terbit dan sore hari ketika matahari tenggelam.

2. Pekarangan Budidaya Hewan Ternak

Budidaya ternak dikelola oleh Fakultas Peternakan Unand. Foto: Faperta Unand

Buat kamu yang mungkin belum pernah melihat hewan rusa, kamu bisa banget datang ke tempat ini. Pekarangan Budidaya Hewan Ternak ini merupakan salah satu program dari Fakultas Peternakan Unand. Ada berbagai hewan disana seperti rusa dan ayam. Rusa biasanya menjadi target foto-foto estetik masyarakat yang berkunjung kesini.

3. Bendungan

Lokasi bendungan tidak jauh dari kampus Unand. Foto: Internet

Siapa sangka kalau di Unand ternyata ada bendungan yang biasa dijadikan tempat nongkrong anak indie. Bendungan di Unand biasanya didominasi oleh anak-anak muda. Tempat ini biasanya sepi di siang hari karena panas. Tapi kalau udah sore, jangan ditanya. Bisa-bisa ga kebagian tempat duduk. Buat kamu yang suka menyaksikan tenggelamnya matahari, tempat ini pasti jadi favoritmu!

4. Sungai Batu Busuk

Sungan Batu Busuak memiliki air yang biru dan jernih. Foto: Traveling Medan

Lokasi sungai ini tidak persis berada di dalam pekarangan Unand. Berbeda dengan ketiga tempat sebelumnya yang kalau mau pergi kesana harus melewati gerbang Unand terlebih dahulu. Sungai ini berada di kawasan Batu Busuk yang berada dekat dengan Unand. Jalan menuju tempat ini persis sebelum gerbang masuk Unand.

Jarak menuju sungai ini juga tidak jauh, hanya perlu berkendara sekitar 10 – 15 menit dengan jalur yang sudah dibuat khusus sehingga kamu tidak perlu takut jalannya jelek atau berbatu. Tapi, kondisi jalan yang sempit membuat jalur ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Kamu hanya perlu membayar uang parkir, kemudian bisa menikmati sungai dengan air yang sangat bersih dan jernih. Bahkan kamu bisa melihat ada banyak ikan di dalamnya. Disana juga terdapat penyewaan ban agar aktivitas berenangmu menjadi lebih asik.

Menarik bukan wisata low-budget di sekitaran Unand. Kira-kira weekend ini mau kemana dulu?