Waspada Kecelakaan, Kemenhub Awasi Jam Kerja Pengemudi Bus

Libur Isra Miraj lalu Imlek, Pengawasan Angkutan Perjalanan Diperketat

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) meningkatkan pengawasan angkutan pariwisata selama libur panjang Isra Miraj dan Imlek 2024. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran lalu lintas dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Direktur Lalu Lintas Jalan, Ahmad Yani, mengatakan bahwa pengawasan difokuskan pada tiga wilayah, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Lokasi pengawasan diutamakan pada area wisata seperti Ancol, Monas, Pantai Anyer, dan Lembang.

“Kegiatan pengawasan ini meliputi pemeriksaan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe), Kartu Pengawasan (KPS), dan dokumentasi kendaraan,” ujar Ahmad Yani.

Tujuannya adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di masa libur panjang ini. Ditjen Hubdat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan para stakeholders dari perusahaan otobus untuk menciptakan angkutan pariwisata yang aman bagi masyarakat.

“Apabila ditemukan angkutan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, maka akan diberikan sosialisasi dan tindakan,” tegas Ahmad Yani.

Selain itu, perusahaan otobus juga diimbau untuk memperhatikan jam kerja pengemudi dan menyediakan pengemudi cadangan karena perjalanan di musim liburan relatif panjang.

Ditjen Hubdat akan terus meningkatkan pengawasan terhadap bus pariwisata dan AKAP karena seringnya terjadi kecelakaan angkutan orang di awal tahun 2024. Evaluasi dan koordinasi juga dilakukan demi keselamatan penumpang.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.