Wawako Buka Musrenbang RKPD Kota Solok Tahun 2022

  • Bagikan

Solok Kota -Senin 29 Maret 2021, di Gedung Kubung Tigo Baleh Kota Solok, Wawako Ramadhani Kirana buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang – RKPD) Kota Solok Tahun 2022.

Wawako Solok dalam sambutannya mengatakan Musrenbang yang akan kita laksanakan pada hari ini, merupakan rangkaian dari kegiatan perencanaan yang telah dimulai dari tingkat RW, tingkat Kelurahan dan di tingkat Kecamatan yang disinkronisasikan dengan perencanaan Perangkat Daerah Kota serta berbagai aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Solok Tahun 2022.

Pelaksanaan musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kota, APBD Provinsi maupun APBN.

“Pelaksanaan musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya. Perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolok ukur akuntabilitas, profesionalisme dan bobot pelayanan publik dewasa ini. Sebab, perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabel akan menimbulkan pencitraan yang “negatif” terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat. Disinilah hakekat dan arti pentingnya dari Musrenbang“ ucap Wawako.

Wawako juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Musrenbang perlu dilakukan penajaman prioritas program dan kegiatan yang akan kita lakukan pada tahun 2022 yang merupakan tahun pertama periode RPJMD Kota Solok 2021-2026, yang pada saat ini juga dalam proses penyusunan.

Wawako juga berharap semua pihak, baik dari legislatif maupun para Kepala Perangkat Daerah, serta seluruh masyarakat dapat memahami kondisi kemampuan keuangan Pemerintah Kota Solok sehingga pada pembahasan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2022 ini dapat merumuskan program dan kegiatan yang sangat prioritas untuk diusulkan dalam APBD 2022.

 

  • Bagikan