Wawako Solok RAKORNIS Survey Kesehatan Indonesia

Solok Kota – Bertempat di ruang rapat Bappeda kota solok, (05/09/2023), Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra Ikuti Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) Konsep dasar Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tingkat Provinsi.
Selama ini kegiatan SKI dikenal publik dengan nama riset kesehatan dasar (riskesdas) yang digelar oleh pemerintah secara berkala pada 2007, 2013, dan 2018.
SKI tahun 2023 ini merupakan survei komunitas sebagai kelanjutan Riset Kesehatan Dasar yang terakhir dilaksanakan Tahun 2018. Survei ini dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat sebagai bahan penyusunan kebijakan dan evaluasi capaian pelaksanaan program kesehatan selama lima tahun.
Wawako mengatakan bahwa kegiatan ini adalah program Kementerian Kesehatan yang dilakukan oleh Dinkes Kota Kabupaten seluruh Indonesia yang dilakukan secara serentak, dan mulai bekerja melakukan survei kesehatan hingga bulan Oktober 2023.
Adapun indikator yang diukur dalam survei ini, antara lain, terkait layanan kesehatan yang meliputi akses layanan, pengobatan, dan layanan kesehatan tradisional, perilaku kesehatan meliputi perilaku merokok, aktivitas fisik, konsumsi makanan, dan pencegahan infeksi, serta indikator kesehatan lingkungan, seperti penyediaan air bersih, jamban, serta pembuangan sampah dan limbah.
“SKI ini dilaksanakan oleh Kementrian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota secara serentak di seluruh Indonesia sampai bulan Oktober 2023. Enumerator dan tim pendamping ini akan turun ke seluruh kelurahan melakukan survei kesehatan dari rumah ke rumah berdasarkan data sampling yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS),”ucap wawako
“Kami atas nama pimpinan daerah sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas pengabdian adik-adik Enumerator yang sudah ada di kota solok selama 2 bulan ini, melakukan survei dikota solok”.tambahnya
“Semoga apa yang menjadi target dari kerja dapat tercapai semuanya,dengan kesabaran keikhlasan. Kegiatan survei ini cukup menyita waktu bagi masyarakat, tapi dengan kemampuan adik-adik yang sudah di training of trainer kami yakin dapat melakukan pendekatan kepada masyarakat”.tutupnya

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.