Wisatawan di Kawasan Mandeh Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

  • Bagikan
Foto : Internet

Pesisir Selatan – Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Pesisir Selatan mewajibkan wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Penyedia Jasa Usaha Pariwisata, Elfi Mahyuni menyebut, agar wisatawan merasa nyaman dan aman, hal tersebut telah disampaikan sebelum mereka sampai di Kawasan Mandeh. Kamis (3 Desember 2020)

“Penerapan protokol kesehatan covid-19 wajib bagi seluruh wisatawan, tanpa terkecuali. Hal tersebut telah kami sepakati antar penyedia jasa usaha pariwisata di Mandeh sejak Mei 2020,” katanya.

Disampaikan, ia juga akan berkomunikasi langsung dengan wisatawan terkait hal-hal yang berada disekitar kawasan. Dan juga menyampaikan agar disiplin protokol kesehatan.

“Sebelum datang biasanya wisatawan akan berkomunikasi dengan kami terkait beberapa hal, mulai dari biaya sewa, sarana dan prasana di penginapan dan lainnya. Dan kesempatan tersebut kami manfaatkan untuk menyampaikan agar mereka taat protokol kesehatan selama berkunjung,” ujarnya.

Namun demikian, masih ada wisatawan yang ‘membandel’, namun setelah diberikan masukan secara menyeluruh akhirnya mereka mengikutinya juga.

Ia menyebut, penerapan protokol kesehatan yang ketat tidak hanya untuk kebaikan wisatawan, namun juga bagi pemandu dan masyarakat di sekitar Mandeh.

“Penumpang kapal biasanya sebanyak 20 wisatawan, dan dimasa pandemi dibatasi menjadi 10 wisatawan saja, begitu terhadap kunjungan wisatawan lansia sengaja kami batasi karena mereka rentan tertular covid-19,” ujarnya.

Penerapan protokol kesehatan yang dilakukan tidak hanya sebatas penggunaan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, namun juga dilakukan dengan membatasi jumlah penumpang kapal, membatasi kunjungan terhadap lansia dan lain sebagainya.

 

Delvi Novita Sari

  • Bagikan