25 Pelajar Ke Makassar Ikuti Program SMN Dari BUMN

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Dirut PT. Bukit Asam tbk Alfian Arifin serta Plt Dirut PT BGR Muhammad Affan saat akan melepas 25 siswa mengenal nusantara ke Sulawesi Selatan, Jumat (10/8). (Putri) 

 

PADANG, KABARSUMBAR – Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno melepaskan 25 pelajar dari perwakilan setiap kota ke Makassar provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang menjadi salah satu program BUMN Untuk Negeri 2018.

Program SMN pada dasarnya merupakan pertukaran pelajar antar provinsi di Indonesia. Ia berharap hal tersebut dapat berjalan sesuai tujuannya, yakni memperkuat NKRI dengan cara menumbuhkan rasa persatuan antar generasi mudanya sejak dini.

SMN sendiri kata Irwan, merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi di Indonesia dan telah ditata sejak 2015.

“Kami menginginkan agar tercapai tujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan. Mudah-mudahan dengan ini akan muncul rasa cinta terhadap Indonesia,” harapnya saat melepas SMN Sumbar 2018 di Aula Kantor Gubernur, Jumat (10/8/2018).

Irwan berpesan kepada seluruh peserta SMN agar membagi pelajaran yang telah didapatkan kepada teman sejawat di lingkungan tempat tinggal atau sekolah masing-masing, setelah pulang mengikuti progam tersebut.

“Walaupun cuma 23 orang, insyaalah jumlahnya cukup. Semoga nanti di daerah dan sekolah masing-masing, ananda mampu menyebarkan informasi dan kebaikan tentang wawasan nusantara yang telah didapatkan,” jelasnya.

Selanjutnya, Gubenur Sumbar Irwan Prayitno mengingatkan kepada peserta SMN agar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenal kekayaan adat dan budaya nusantara. “Ambil hikmah sebanyaknya untuk meningkatkan kapasitas diri,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bukit Asam Arvian Arifin, dalam laporannya menyebutkan dari Sumbar jumlah peserta yang dikirim untuk mengikuti program siswa mengenal nusantara 2018 sebanyak 28 orang.

“Jumlah itu mencakup 20 siswa representasi dari Kabupaten/Kota di Sumbar, 3 siswa disabel, 2 Guru Teladan, 1 Guru Pendamping dan dua orang undangan dari Muara Enim Sumatera (Sumsel),” sebutnya sebagai salah satu BUMN penyelenggara kegiatan tersebut.

Arvian Arifin berharap melalui program SMN, peserta dapat mengenal nilai dan budaya daerah tujuan. Ia juga berharap peserta dapat memetik manfaat dari program ini untuk dibagi ke lingkungan asal masing-masing.

“Kami harap guru dan siswa yang terlibat dapat menerima manfaat positif langsung dari kegiatan ini dan membagi pengalaman yang didapat dari kegiatan ini ke teman-teman lain di lingkungan asal,” tutupnya.

(Putri Caprita)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...