Bupati Apresiasi Inisiasi Geopark Pasbar

Saatnya Garap Potensi Wisata Premium

Bupati Pasbar Syahiran berfoto bersama pegiat wisata yang dimotori M Zuhrizul usai diskusi tentang geopark.
Bupati Pasbar Syahiran berfoto bersama pegiat wisata yang dimotori M Zuhrizul usai diskusi tentang geopark.

PASBAR, KABARSUMBAR – Pemkab Pasbar mengapresiasi adanya sejumlah pegiat wisata Sumbar dan Pasbar bakal menginisiasi pembentukan Geopark di Kabupaten Pasbar.

Pasalnya, potensi sumber daya alam di Kabupaten Pasbar sangat luar biasa, karena memiliki aset yang berpotensi dijadikan sebagai daerah wisata yang alami.

“Ya, benar, beberapa hari lalu sudah ada tim pegiat wisata Sumbar dan Pasbar menemui saya. Mereka ingin menginisiasi Geopark di Pasbar. Tentu sebagai pemerintah daerah kita sangat mendukung pembentukan geopark tersebut. Apalagi kalau dilihat potensi alam di Pasbar sangat luar biasa,” kata Bupati Pasbar H Syahiran beberapa waktu lalu.

Menurut dia, tim yang datang itu rupanya sudah ada memiliki sejumlah data potensi alam di Pasbar. Artinya, di Kabupaten Pasbar ini ada sejumlah daerah yang layak dijadikan sebagai wisata alam. Seperti di Kecamatan Talamau, Kinali, Sungaiberemas dan kecamatan lainnya.

Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi pembentukan geopark ini. Kepada instansi terkait diminta agar geopark ini didukung baik secara materi, sarana prasarana dan lainnya. Karena pembentukan geopark itu membutuhkan waktu dan kajian ilmiah.

Geopark bisa ada di Pasbar, karena Kabupaten Pasbar termasuk daerah yang memiliki  sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan, yang memiliki situs warisan geologi. Kemudian bentang alam yang bernilai seperti Gunung Talamau yang sudah dikenal masyarakat bukan saja di Pasbar, tapi sudah merambah ke kabupaten/kota lain, bahkan sudah dikenal di manca negara.

Kemudian banyaknya keragaman geologi, hayati dan budaya. Adanya sumber daya alam yang menjanjikan ini menjadi sebuah program yang harus didukung bersama. Selain instansi terkait, dukungan semua pihak juga sangat dibutuhkan, termasuk masyarakat yang ada di lokasi geopark.

“Silahkan bentuk perencanaannya lalu kerjasama sama dengan instansi terkait. Karena geopark itu juga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik,” kata Syahiran.

Terpisah Pegiat Wisata Sumbar Muhammad Zuhrizul bersama rombongan mengakui pihaknya sengaja menemui Bupati Syahiran dan instansi terkait untuk merintis geopark di Pasbar. Alasannya, memang Kabupaten Pasbar sangat mendukung daerahnya bisa dibentuk geopark. Manfaat geopark itu, selain untuk keperluan konservasi, edukasi, dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lokal secara berkelanjutan.

Makanya secara teknis nanti dibutuhkan dukungan pemda  dengan keterlibatan aktif dari masyarakat. Agar masyarakat itu bisa menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi  begitu juga lingkungan sekitarnya. Selain itu, pihaknya juga akan berupaya memaksimalkan olahraga arung jeram dan tanaman kopi.

Langkah yang sudah dilakukan setelah bertemu dengan Bupati Syhairan adalah menemui instansi terkait. Dalam pertemuan itu tim yang ada di Pasbar sudah kordinasi dengan Dinas Pariwisata Pasbar. Bahkan saat ini sudah ada terbentuk sekretariat geopark yang diberi nama Geopark Equator West Pasaman.

“Semoga dengan adanya sekretariat semua rencana program akan lancar. Saat ini kita juga sedang merangkul berbagai bidang dan keahlian. Termasuk membuat group WhatsApp (Inisiasi Geopark Pasbar) dengan melibatkan Bupati Syahiran, instansi terkait pegiat wisata dan lainnya. Kami saat ini juga sedang menyusun pembentukan kelompok kerja atau pokja,” kata Zul yang diamini pegiat wisata Robi ZR dan lainnya.

(Hijrah Adi Sukrial)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...