500 Anak Paud Kota Pariaman Ikuti Manasik Haji

PARIAMAN, KABARSUMBAR – 500 anak Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) yang terdiri anak-anak Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain (TK/KB) se-Kota Pariaman mengikuti kegiatan Manasik Haji yang diadakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Pariaman, Kamis (6/9/2018) bertempat di Pantai Kata, Kota Pariaman.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kota Pariaman tahun 2018.

Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen PP & A) RI Ali Hasan, mengungkapkan, jika hak anak dilindungi oleh UUD 1945 pasal 28 B ayat 2 yang berbunyi setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Setiap anak mempunyai hak yang dilindungi oleh UU, tetapi masih saja banyak yang melakukan pelanggaran terhadap hal ini. Ditambah sekarang banyak anak yang masuk ke ranah hukum, hal ini hendaknya menjadi perhatian bagi kita semua,” kata Ali.

Dengan era digitalisasi sekarang ini, jika dunia dalam gengaman yang mempunyai arti dengan Gadget, kita bisa mengetahui dan melihat apa yang terjadi pada dunia ini, tetapi terkadang, anak-anak belum dapat memilah mana yang patut dilihat, dan mana yang belum.

“Untuk itu, peran kita sebagai orangtua selalu melakukan pengawasan terhadap anaknya, dan dengan diadakan kegiatan manasik haji ini, diharapkan anak-anak mempunyai kegiatan yang positif yang akan mereka ingat dan menjadi bekal bagi mereka dikemudian hari,” jelas Ali.

Selain itu, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, jika anak pada usia TK dan KB termasuk dalam usia emas, dan kegiatan ini memberikan aura positif untuk perkembangan anak-anak.

“Dengan antusiasme anak-anak yang datang mengikuti manasik haji ini, yang merupakan salah satu dari rukun islam, akan menjadi bekal bagi mereka dikemudian hari dan akan membekas kedalam memori mereka,” kata Genius.

Berbekal positif dari rangkaian kegiatan manasik haji, mulai dari sa’i, lempar jum’rah dan mengelilingi Ka’bah yang diperkenalkan kepada mereka. “Kiranya akan membekas dan memberi warna yang tidak hanya baik kepada diri mereka saja, tetapi kepada kita semua yang hadir saat ini,” terang Genius.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kota Pariaman Lucy Genius mengatakan kegiatan ini merupakan pertama yang dilakukan oleh pihaknya.

“Sebanyak 500 anak Paud yang terdiri dari 32 TK dan 64 KB yang ada di Kota Pariaman, sebagai peserta manasik haji yang kami adakan, dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HAN tingkat Kota Pariaman tahun 2018,” ucapnya.

Dengan melakukan manasik haji, yang mana haji merupakan salah satu rukun islam, Lucy berharap dapat memperkenalkan tata cara dan adab yang harus dilakuakan untuk pelaksanaan haji. “Dan bacaan-bacaan yang mereka hafal, nantinya akan terus melekat diingatan mereka,” jelas Lucy.

Turut hadir jajaran Himpaudi Kota Pariaman selaku panitia acara, Bunda Paud se Kota Pariaman, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kanderi dan jajaranya, Kadis DP3AKB Kota Pariaman, Alfian Harun, para Kepala Sekolah dan para guru, orangtua dan keluarga anak-anak yang mengikuti manasik haji yang diadakan Himpaudi Kota Pariaman ini.

[Rizki Pratama]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...