DPRD Tanah Datar Sepakati APBD Tahun 2019 Sebesar 1,2 Triliun

Nota Kesepakatan Ditanda Tangani Bersama Pemkab

Fhoto : Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi tanda tangani nota kesepakatan KU PPAS 2019 sebesar Rp 1,2 triliun, didepan pimpinan DPRD Setempat. (Doy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar bersama Pemkab setempat sepakat jika Kebijakan Umum dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KU dan PPAS) APBD Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 1,263 triliun.

Kesepakatan tersebut tertuang pada hasil sidang paripurnakan oleh DPRD dengan menanda tangani nota kesepakatan KU-PPAS dengan pemkab, Jum’at (7/9) di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Pagaruyung.

Sidang yang dipmpin oleh Anton Yondra dan didampingi oleh kedua wakilnya Saidani dan Irman dalam hal ini sudah sah sebagai KU-PPAS tahun 2019, terlihat dalam patipurna itu juga dihadiri oleh 23 orang anggota dewan lainnya.

Fhoto : Suasana sidang paripurna DPRD sebelum penanda tangani nota kesepakatan DPRD dengan Pemkab, Jumat (07/09) di Pagaruyung. (Ddy)

Dalam sambutannya, Irdinansyah Tarmizi mengatakan plafon anggaran dalam KU-PPAS APBD 2019 yang disepakati diantaranya pendapatan sebesar Rp 999,571 miliar, yang terdiri dari PAD (Pendapan Asli Daerah) sebesar  Rp 146,175 miliar, dana perimbangan Rp 712,325 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp 141,070 miliar.

Ditambahkan bupati, total belanja daerah tahun 2019 sebesar Rp 1,21 triliun. Belanja tersebut terdiri dari belanja langsung sebesar Rp 695,739 miliar dan tidak langsung Rp 425,850 miliar dan pembiayaan daerah sebesar Rp 122,018 miliar.

“Plafon anggaran yang telah disepakati tersebut telah sesuai dengan perioritas pembanguan nasional, daerah dan RPJMD kabupaten Tanah Datar dan akan dijadikan pedoman perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja dan anggaran kerja perangkat daerah,” ucap Irdinansyah.

Jelasnya, Kebijakan pembangunan daerah tahun 2019 mengedepankan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengamalan nilai-nilai agama, adat, budaya dan pembangunan ekonomi yang dilandasi tata kelola pemerintahan yang baik.

Hadir pada sidang tersebut   Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, unsur forkopimda, Sekda, Asisten , Staf Ahli , Pimpinan OPD, Camat , Wali Nagari dan undangan lain.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Irman mengatakan tim badan anggaran bersama pemerintah daerah telah melakukan pembahasan pada tanggal 3 s/d 7 Agustus 2018 dan dilanjutkan kembali pada tanggal 4 s/d 6 September 2018 serta rapat akhir finalisasi penetapan plafon KU dan PPAS pada pagi ini 7 September 2018 .

“Nota Kesepakatan KU dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2019 hendaknya bisa membawa perubahan bagi daerah. Kita berharap dapat mempergunakan anggaran sebaik mungkin dan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” sebut Irdinansyah. (Ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...