Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar Resmi Beralih Status Menjadi PSDKU PNP

  • Bagikan
Foto : Humas Pemkab Tanah Datar

Tanah Datar – Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar merupakan sebuah program rintisan pembelajaran atau perkuliahan yang dilaksanakan dalam bentuk program studi diluar domisili PNP (Politeknik Negeri Padang). Program ini sudah dimulai semenjak tahun 2012 sampai bulan Oktober 2020. Selama menjadi Akademi Komunitas Negeri, program yang diselenggarakan hanya sebatas program Diploma II (D-II) dengan dua program studi; D-II Sistem Informasi dan D-II Teknik Sipil.

Kehadiran Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang ini di Tanah Datar tentunya di sambut baik bagi masyarakat serta pemerintah setempat. Selain itu ini juga menjadi solusi dalam memberikan pendidikan tinggi yang bermutu kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE saat acara launching PSDKU, Politeknik Negeri Padang (PNP) Kabupaten Tanah Datar di Nagari Tigo Jangko Lintau Buo, Rabu 24 Maret 2021.

Bupati Tanah Datar juga merasa bangga dengan kehadiran PSDKU PNP ini di Tanah Datar. Dengan ini tentunya dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan lebih tinggi, sehingga mendukung terwujudnya realisasi visi dan misi pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Beliau juga menambahkan bahwa Pemerintah Daerah akan terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan PSDKU PNP, dengan membangun kerjasama ke dunia industri guna mendukung pembelajaran mahasiswanya. Selain itu Pemda juga akan siap membantu masyarakat kurang mampu agar dapat menempuh pendidikan tinggi melalu program beasiswa yang telah disediakan.

Pembukaan Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang Kampus Kabupaten Tanah Datar juga langsung dihadiri oleh Direktur PNP, Surfa Yondri, ST.,SST.,M.Kom. mengatakan pembukaan PSDKU PNP kampus Kabupaten Tanah Datar telah mengantongi Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 1181/M/2020 sehingga PSDU PNP dapat melaksanakan program studi D-III Sistem Informasi dan D-III Teknik Sipil.

Meski kampus PSDKU ini berada di Kabupaten Tanah Datar proses pendidikan tetap dilaksanakan sesuai dengan standar penjamin mutu di PNP baik dari aspek input maupun prosesnya.

Beliau juga mengungkapkan terkait tentang Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Untuk seleksi ini akan berlangsung dari tanggal 10 Mei hingga 10 Juni 2021 melalui http:sbmpn.politeknik.or.id dan untuk seleksi secara mandiri diselenggarakan tanggal 15 Juni hingga 28 Juli 2021 melalui http://www. pmb.pnp.ac.id. Kemudian untuk proses perkulihan akan dimulai pada bulan September 2021.

Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wikan Sakarianto, S.T., M.Sc., Ph.D, melalui aplikasi daring mengungkapkan harapanya atas kehadiran PSDKU PNP di Tanah Datar ini. Kehadiran kampus PSDKU hendaknya menjadi motor pengerak yang menghasilkan lulusan unggul, berkompeten dan sesuai yang dibutuhkan dunia kerja saat ini serta memberikan dampak yang nyata terhadap Kabupaten Tanah Datar.

Beliau juga mengajak agar semua dapat mendukung pelaksanaan PSDKU supaya berjalan dengan baik, secara khusus ia menghimbau PSDKU dapat menjalin kerjasama dengan pelaku industri, guna menyiapkan tenaga terampil di dunia kerja nantinya.

Dalam peresmian PSDKU Politekni Negeri Padang di Tanah Datar tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Tanah Datar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar, Camat Lintau Buo, Wali Nagari, Wakil Direktur beserta seluruh unsur pimpinan PNP, unsur pengelola PSDKU PNP di Tanah Datar dan Tokoh Masyakat Lintau Buo lainnya.

  • Bagikan