Akhirnya Tagana Kota Solok Miliki Markas Komando Baru

SOLOK KOTA – Taruna Siaga Bencana (Tagana) kota Solok akhirnya bisa memiliki Markas Komando (Mako)  Mako tersebut persis berada di komplek kantor Dinas Sosial kota Solok.

Pengaktifan Mako Satgas Tagana yang di fasilitasi oleh Dinas Sosial Kota Solok  tersebut ditandai dengan pembenahan dan goro bersama personil Tagana. Untuk saat ini, Mako menempati ruangan yang sebelumnya dimanfaatkan untuk lokasi gudang peralatan.

Koordinator Tagana Kota Solok, Nanda Priatama mengatakan, pengaktifan Mako Satgas Tagana dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan peran Tagana dalam pencegahan dan penanggulangan bencana di kota Solok dan daerah lainnya.

“Sebelumnya, Tagana kota Solok tidak memiliki markas sendiri sehingga susah untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dalam menjalankan program dan fungsi Tagana,” ungkap Nanda Priatama, Selasa (4/2/2020).

Aktifnya kembali Mako tersebut, ulasnya, tidak terlepas dari dukungan penuh Kepala Dinas Sosial. Sebelumnya, pihak Tagana kota Solok juga sudah melakukan rapat evaluasi dan penyusunan program kerja tahun 2020 bersama jajaran Dinas Sosial.

Menurutnya, Setelah memiliki Mako, Pihak Tagana kota fokus dalam peningkatan kapasitas anggota Tagana. Direncanakan, awal Minggu besok dilakukan Pendidikan Dasar bagi Tagana Muda.

“Menyusul kita akan melakukan pendidikan dasar bagi 20 orang Tagana Muda kota Solok yang baru direkrut. Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing kelurahan yang ada di kota Solok,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial kota Solok, Zulfadli mengatakan, untuk meningkatkan kemampuan personil, pihaknya bersama Tagana juga tengah mempersiapkan pelatihan bagi anggota Tagana kota Solok.

“Alhamdulillah, semangat anggota Tagana kota Solok sangat tinggi untuk memberikan kontribusi bagi daerah, tentunya ini perlu kita fasilitasi dan berikan dorongan untuk kemajuan kedepannya,” sebutnya.

Secara umum, Tagana merupakan relawan sosial yang berasal dari unsur masyarakat. Pembentukan Tagana ditujukan untuk meningkatkan partisipasi dan mendayagunakan generasi muda dalam penanggulangan bencana.

Fernandez

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...