Badan Siber Sosialisasikan Sertifikasi Elektronik Dan Tanda Tangan Digital Di Tanah Datar

Fhoto : Badan Siber Dan Sandi Negara lakukan sosialisasi pengunaan tanda tangan digital di Tanah Datar, Rabu (20/02) di Gazebo Indojolito. (Ddy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adakan sosialisasi Pemanfaatan Sertifikasi Elektronik dan Tanda Tangan Digital di Kabupaten Tanah Datar, Rabu (20/02).

Kasi Pemenuhan Teknis Sitem SrE Balai Sertifikasi Elektronik BSSN Eko Yon Handri dalam paparan yang disampaikannya dihadapan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka memasuki era digital dan menciptakan kabupaten pintar.

Selain itu jelasnya, dengan berkembangnya Informasi Teknologi (Iptek) saat ini, maka sandi dan siber merupakan hal yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya dalam memberikan jaminan keamanan informasi.

“Hal ini juga sudah didukung Perpres Nomor 53 Tahun 2017 pasal 2 ayat 2 dan terakhir dirobah dengan Pepres Nomor 133 Tahun 2017 yang mana BSSN mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber,” kata Yon Handri.

Didepan Setda Hardiman, Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Yon Handri juga memaparkan penerapan sistim ini yang akan menjadikan proses administrasi surat menyurat yang biasanya secara manual akan beralih sepenuhnya dengan sistem elektronik.

“Dari segi keuntungan akan dapat menghemat paperless karena semua persuratan diproses secara elektronik. Juga menghemat waktu karena proses disposisi dan tanda tangan surat dapat dilakukan dimana saja tanpa harus berada dikantor selama perangkat terhubung dengan jaringan internet dan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat,” jelasnya.

Sebelumnya Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BSSN yang melakukan sosialisasi, karena sertifikasi elektronik yang memuat tanda tangan digital di dalam penggunaannya belakangan ini menjadi populer namun masih banyak instansi yang belum memahami secara jelas dan butuh hakekat, fungsi dan keamanannya apalagi memasuki dunia maya.

“Karena ini akan mengefesiensi waktu, biaya dan tenaga,” sebut Irdinansyah.(Ddy)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.