Basikakeh Roda Basi Kembali Dihelat di Kota Solok

Gelaran Alek Nagari Basikakeh Roda Basi di Kota Solok. Foto : Fernandez
Gelaran Alek Nagari Basikakeh Roda Basi di Kota Solok. Foto : Fernandez

Solok – Basikakeh roda basi merupakan perlombaan mesin bajak yakni Sinka dan Kura-kura yang nantinya akan dibawa oleh seorang peserta saat berkompetisi dengan peserta lain.

Perlombaan ini mengandalkan adu cepat siapa yang terlebih dahulu samapi pada garis finis yang berlintaskan sawah yang sudah disediakan oleh panitia.

Kabag Humas Pemko Solok Nurzal Gustim mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan pertanda dengan awal musim menanam padi di hamparan sawah solok.

Adapun kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan kawasan agro wisata dan keindahan yang disajikan disepanjang hamparan sawah solok.

Gelaran Alek Nagari Basikakeh Roda Basi di Kota Solok. Foto : Fernandez

Selain itu kegiatan ini tentunya, bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Solok. “Sekaligus ikut melestarikan tradisi budaya dan seni serta permainan Anak Nagari di Kota Solok,” kata Nurzal.

Dalam agenda Basikakeh, tidak hanya saja menyajikan permainan lomba mesin bajak, namun juga permainan tradisional lainnya, seperti Pacu Upiah, Pacu Belut, Silek Tuo dalam sawah, Batuan Gilo serta pameran pelaku ekonomi kreatif.

Kegiatan yang direncanakan hanya satu hari diikuti oleh masyarakat yang berasal dari perwakilan kelompok tani Kota dan Kabupaten Solok untuk lomba mesin bajak.

Selain itu, Pacu upiah menjadi segmen permainan untuk anak yang berusia maksimal 13 tahun. Sedangkan untuk Pacu Belut akan diikuti oleh kaum perempuan yang berusia 30 sampai 50 tahun yang nantinya akan diwakili dari 13 kelurahan yang ada di Kota Solok.

[Fernandez]