Bupati Sambangi Stand Kabupaten Solok Pada Event INACRAFT 2022

Solok Arosuka – Bupati Solok Kunjungi stand Kabupaten Solok pada pemeran INACRAFT 2022,  yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) dari tanggal 23 sampai dengan 27 April 2022.

Kunjungan Bupati ini didampingi langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda.

Perhelatan ekonomi kreatif ini,  diharapkan dapat menjadi momentum bagi banyak kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat didera pandemi Covid-19.

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Emiko Epyardi Asda, berkomitmen memajukan produk kerajinan daerah di tingkat Nasional.

“Keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Solok, dengan memamerkan produk kerajinan unggulan di tiap-tiap Nagari, merupakan sebuah terobosan yang tepat memajukan daya saing pelaku UMKM di Kabupaten Solok,” ujar Emiko Epyardi.

Menurutnya, ajang INACRAFT kali ini mengikutkan 8 produk kerajinan unggulan yang dimiliki Kabupaten Solok dan berharap agar pelaku sektor kerajinan terus memacu inovasi diri dan meningkatkan daya saing untuk bisa dilirik oleh masyarakat Nasional.
“Inovasi ini tidak sebatas hanya kepada tingkat pameran saja, namun juga mampu meraih nilai ekonomis untuk menunjang pendapatan penghasilan pelaku usaha tersebut,” Ungkap Emiko

Bupati Solok, Epyardi Asda yang hadir langsung menyaksikan pameran tersebut turut mengapresiasi upaya Dekranasda dan Dinas terkait dalam memajukan sektor UMKM. menyatakan dukungannya terhadap keikutsertaan Dekranasda kabupaten Solok dalam ajang INACRAFT 2022. Dalam kesempatan tersebut Epyardi Asda mengapresiasi kreatifitas UMKM kerajinan Kabupaten Solok.

Menurut Epyardi, kita bisa lihat bersama, dimana dari Tikar anyaman pandan bisa di kreasikan Kembali menjadi tas berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.diborongnya produk kerajinan lampu strongkeng karya Kerajinan kayu alam basamo di ajang INACRAFT 2022.
“Hal ini menunjukkan bahwa produk kerajinan kabupaten Solok sangat diminati di tingkat nasional, pemda tinggal membina dan membantu UMKM dalam memasarkan produk- produknya,,” ucap Epyardi.

Dirinya berharap agar kerajinan seperti ini, terus dibina dan dikembangkan menjadi sektor unggulan. Karena sektor ini bisa diandalkan, dalam membangun ekonomi masyarakat secara luas.
“Kita di Pemerintahan wajib melakukan terobosan, mencarikan ruang bagi para pelaku usaha kerajinan tersebut untuk dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional, ” harap Epyardi