Cuaca Buruk, Pemkab Agam Himbau Warga Waspada

Ilustrasi cuaca buruk
Ilustrasi cuaca buruk
Ilustrasi cuaca buruk
Ilustrasi cuaca buruk

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mengimbau masyarakat untuk waspada menyusul terjadinya perubahan iklim yang kerap memicu bencana.

Selain dampak curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu, siaga dampak ‘Siklon Cempaka’ yang memicu curah hujan tinggi disertai angin kencang juga menjadi pertimbangan.

“Kita meminta warga lebih waspada saat berada di daerah rawan bencana yang berpotensi banjir, longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan lain nya. Informasi terkini BMKG potensi tekanan angin dan curah hujan tinggi juga mengintai wilayah Agam,” kata Kepala BPBD Kabupaten Agam M. Lutfie di Lubuk Basung, Kamis (30/11/2017).

Lutfie menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama untuk kalangan nelayan dan warga yang bermukim di kawasan pantai Tanjung Mutiara. “Untuk itu waspadai perubahan iklim saat ini,” harapnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan BPBD Kabupaten Agam bersama tim KSB sudah siaga dan siap diterjunkan kapanpun jika musibah terjadi. Saat ini pihaknya sudah siaga dan personil standby (siaga) dengan segala kemungkinan.

Pihaknya berharap masyarakat segera menginformasikan pada pihak terkait apabila terjadi berbagai hal di lapangan. “Pasalnya, bentangan wilayah Kabupate Agam yang luas butuh dukungan masyarakat dalam menginformasikan kejadian lapangan agar penanganan bisa segera dilakukan,” pungkasnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.