Dijamin Enak dan Lezat, Beberapa Varian Olahan Pisang Yang Populer di Sumatera Barat

Pisang Kapik cocok dimakan sore hari. Foto: Okezone

Padang – Sumatera Barat memang terkenal dengan kuliner yang pedas. Namun, Negeri Urang Awak ini juga memiliki kudapan atau makanan yang manis. Salah satunya adalah olahan pisang yang dikreasikan menjadi banyak varian.

Berikut olahan pisang yang manis dan populer di Sumatera Barat, diantaranya:

1. Pangek Pisang

Pangek Pisang asli Sumatera Barat. Foto: Cookpad

Pangek Pisang merupakan olahan pisang yang dicampur dengan santan, vanile, garam, kunyit dan daun pandan. Proses memasak pisang ini dengan cara dipangek, yaitu proses memasaknya hingga kuahnya kental. Dahulu pangek pisang ini disajikan sebagai penghormatan dari warga Solok Selatan.

2. Bubur Kampiun

Tambahan pisang , menambah cita rasa di Bubur Kampiun. Foto: Saribundo

Bubur kampiun bermula dari lomba membuat bubur yang dadakan pada tahun 60-an. Didalam bubur kampiun ini ada banyak jenis bubur yang dicampurkan seperti bubur hitam, bubur candi, bubur kacang hijau, dan juga ada olahan dari pisang yaitu kolak pisang. Nama bubur kampiun ini merupakan plesetan dari champion.

3. Pisang Panggang Kuah Santan

Pisang Panggang Kuah Santan banyak ditemui di kota Bukittinggi dan sekitarnya. Foto: a-pradana

Pisang panggang kuah santan ini merupakan olahan pisang yang populer di Sumatera Barat. Proses memasaknya yaitu dipanggang, tetapi kulit pisangnya tetap digunakan. Setelah pisang masak, baru kulit pisangnya dibuang. Kemudian pisang ini disiram dengan kuah yang memiliki rasa gurih dan manis. Biasanya orang sering menambahkan dengan roti gabin atau roti tawar.

4. Pisang Kapik

Pisang Kapik cocok dimakan sore hari. Foto: Okezone

Pisang kapik yang memiliki arti pisang yang dijepit. Sebelum dijepit pisang terlebih dahulu dipanggang diatas bara tanpa kulit. Kemudian setelah warna luarnya sedikit kecoklatan pisang baru dijepit dengan alat khusus hingga pipih. Biasanya pisang kapik ini ditaburi dengan campuran kelapa parut dan gula jawa.

Jadi, itulah varian pisang yang populer di Sumatera Barat. Masih banyak varian olahan pisang asli Sumatera Barat. Tungguin artikel selanjutnya ya!