Giliran AMSI Riau Jalani Verifikasi Faktual Dewan Pers

PEKANBARU, KABARSUMBAR – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau akhirnya terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers pada Kamis 22 Agustus 2019.

Hal itu keluar setelah perwakilan Dewan Pers melakukan verifikasi (pemeriksaan) atas sejumlah dokumen di Sekretariat AMSI Riau, Jalan Nenas, Pekanbaru, Kamis.

Verifikasi dilakukan dengan meninjau sejumlah dokumen organisasi AMSI Riau, kemudian validasi keanggotaan sesuai ketentuan Dewan Pers, program kerja, dan beberapa hal yang mengacu pada ketentuan anggaran dasar (ad) dan anggaran rumah tangga (art) AMSI.

Untuk pembentukan AMSI Riau dalam anggaran ad/art diwajibkan setiap wilayah atau cabang memilikiminimal 10 anggota yang memenuhi ketentuan dan aturan yang berlaku dari Dewan Pers.

“Setelah kita meninjau kesekretariatan, melihat dokumen – dokumen yang diberikan pengurus AMSI Riau, pada prinsipnya sudah memenuhi faktual. Dapat dikatakan telah terverifikasi dengan baik. Untuk keanggotaannya, semuanya sesuai,” kata Asep Setiawan anggota Dewan Pers dalam siaran pers yang diterima Kabar Sumbar.

“Alhamdulillah, verifikasi faktual AMSI Riau telah berjalan dengan lancar dan dapat diterima dengan sangat baik. Kita berterima kasih kepada anggota dewan pers beserta tim dari kesekretariatan Dewan Pers yang berkenan hadir untuk melakukan verifikasi langsung ke sekretariat AMSI Riau. Kita bersyukur telah memenuhi syarat dan ketentuan,” kata Ketua AMSI Riau Ahmad S Udi.

Verifikasi terhadap AMSI Riau merupakan langkah yang dilakukan dalam rencana AMSI masuk dalam salah satu konstituen Dewan Pers.

Sebelumnya, Dewan Pers sudah melakukan verifikasi pada sejumlah AMSI wilayah lainnya, seperti AMSI Jawa Barat, Jawa Timur, Papua, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku dan Sumatera Utara.

Verifikasi terhadap AMSI Wilayah itu dilakukan sebagai rangkaian proses yang dilakukan Dewan Pers, setelah sebelumnya pada 27 Agustus 2018, pengurus AMSI Pusat mendaftarkan diri untuk menjadi konstituen Dewan Pers.

Turut hadir ikut melakukan verifikasi AMSI Riau yakni Syaefudin dan Rita dari Sekretariat Dewan Pers.

Sedangkan pengurus dan anggota yang dapat hadir dari RiauTerkini.com, Goriau.com, Cakaplah.com, BertuahPos.com, Riauonline.co.id, Utusanriau.co, Riaupos.co dan TribunPekanbaru.com. Anggota lain yang berhalangan namun telah melengkapi dokumen dan juga telah terverifikasi yakni potretnews.com dan riausatu.com

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...