BMKG: Enam Daerah di Sumbar Potensi Karhutla

PADANG, KABAR SUMBAR – Sebanyak enam daerah di Sumatera Barat berpotensi sangat mudah kebakaran hutan dan lahan  (Karhutla) berdasarkan hasil parameter cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau.

Enam daerah tersebut yakni Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai, Kota Padang dan Kota Pariaman.

“Potensi kebakaran hutan dan lahandi beberapa daerah tersebut diperkirakan hingga tiga hari ke depan,” kata Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha dihubungi dari Padang, Jumat (23/8).

Selain enam daerah yang masuk kategori sangat mudah terbakar tersebut, juga ada beberapa daerah lain dengan kategori mudah kebakaran hutan dan lahan, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kota Sawahlunto, Solok Selatan, Agam, dan Padangpariaman.

Menurutnya kondisi lahan di sejumlah daerah tersebut lebih kering sehingga mudah menimbulkan kebakaran lahan secara luas.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar karena berpotensi meluas sehingga sulit dikendalikan.

“Kemudian juga jangan sembarangan membuang puntung rokok di lahan yang kering,” kata dia.

Berdasarkan pengamatan BMKG Minangkabau, saat ini tidak ada titik api di Sumbar, namun potensi timbulnya titik api perlu diwaspadai.

Sementara untuk arah angin cenderung dari Tenggara ke Barat Laut, dan penyebaran asap akibat kebakaran hutan di provinsi tetangga cenderung ke Barat laut.

Ia menambahkan secara umum suhu udara Sumbar 19 hingga 31 derajat celsius, kelembaban udara 68 sampai 97 persen, dan arah angin dari tenggara ke barat laut dengan kecepatan 14 kilometer per jam.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...