Gubenur Sumbar: Displin Kunci Kesuksesan

DHARMASRAYA, KABARSUMBAR – Saat melantik 365 siswa SMKN 1 Koto Baru, Dharmasraya sebagai taruna, dalam sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menekankan kedisiplinan merupakan kata kunci dalam meraih kesuksesan.

“Dalam berbagai bidang, pemerintahan, swasta, TNI/ Polri, Pengusaha atau Petani bisa sukses karena disiplin,” ujarnya, Sabtu (24/11/2018).

Termasuk dalam bidang pendidikan, menurut Irwan siswa yang berprestasi pasti mereka mempunyai kelebihan dari pada siswa yang lain dan salah satunya disiplin tersebut dan sekarang siswa tinggal pilih ingin berprestasi atau gagal.

“Saya yakin, jika para siswa sungguh-sungguh maka Allah SWT akan memberikan kemudahan,” jelasnya.

Gubernur juga menyebutkan, selain disiplin kunci kesuksesan adalah beretika. Contohnya saja, menghargai orangtua, guru dan berprilaku sopan santun, ke semua hal itu harus ada dalam diri seorang siswa taruna.

“Dari bulan Juni siswa dilatih dan dididik. Mulai saat ini apa yang sudah diajarkan tersebut harus terwarnai dalam kesaharian,” ucapnya.

Gubernur berharap agar SMKN 1 Koto Baru dapat menjadi percontohan bagi sekolah di Sumbar. Menjadikan pendidikan Taruna untuk menciptakan siswa yang berkarakter.

“Jumlah sekolah SMA/SMK ada ratusan. Saya lihat yang menggunakan pendekatan dengan disiplin seperti taruna baru SMKN 1 Koto Baru ini. Mudah-mudahan upaya dari sekolah mendidik dengan karakter taruna bisa menjadi contoh, sehingga ditiru sekolah lain,” tuturnya.

Tak ingin hanya menjadi kegiatan seremonial saja, gubernur menantang SMKN 1 Koto Baru harus memberikan bukti nyata atas pelatihan taruna yang telah diberikan.

“Kita ingin bukti, tentunya dengan anak didik berhasil dan berprestasi. Kalau tidak ada hasilnya, maka gaya-gayaan namanya. Kita tidak butuh itu,” jelasnya.

Agar hasil yang diharapkan dapat berjalan maksimal, Irwan meminta agar guru dan kepala sekolah terus mengawal dan mengawasi. Guru harus menjadi contoh teladan yang baik bagi siswa.

“Bukti berhasilnya bisa langsung bekerja di berbagai bidang, setelah lulus SMK. Jadilah siswa berprestasi membuat bangga para orangtua,” imbaunya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMKN 1 Koto Baru, Dharmasraya Taufik Hidayat menuturkan, menuturkan mulai tahun ini SMKN 1 Koto Baru menerapkan pendidikan karakter melalui pola ketarunaan.

Menurutnya ada perbedaan antara SMKN 1 Koto Baru dengan sekolah taruna khusus yang mengutamakan fisik, kesempurnaan tubuh dan ketinggian badan. Sementara SMKN 1 Koto Baru menggunakan pola ketarunaan untuk membentuk karakter baik untuk menjadi dasar meraih kesuksesan di masa depan.

“Mereka dilatih kebugaran, kedisiplinan, serta keimanan dan ketakwaan,” kata Taufik.

(Putri Caprita)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.