Gunung Marapi Siaga, Gubernur Sumbar Imbau Masyarakat Waspada!

Foto: PVBMG

Padang – Peningkatan aktivitas Gunung Marapi menjadi level siaga mendorong Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi untuk mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di sekitarnya.

“Kepada warga sekitar Gunung Marapi, penting untuk selalu waspada terhadap potensi erupsi,” tegas Mahyeldi di Padang, Kamis, 30 Mei 2024.

Mahyeldi menekankan larangan melakukan kegiatan dalam radius 4,5 kilometer dari kawah Verbeek.

“Warga diimbau untuk patuh terhadap arahan. Tetap waspada dan ikuti instruksi petugas setempat,”katanya

Selain radius aman, Mahyeldi mengingatkan masyarakat untuk menjauhi daerah aliran sungai (DAS) yang berhulu dari Gunung Marapi. Potensi terjadinya banjir lahar dingin, terutama saat musim hujan, menjadi perhatian utama.

“Mengingat potensi banjir lahar dingin, kami minta warga untuk menjauh dari daerah aliran sungai yang berhulu dari Marapi,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi paparan abu vulkanik, Mahyeldi mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Dampak kesehatan akibat abu vulkanik perlu diwaspadai.

Gubernur Sumbar tersebut turut mengimbau kepada semua pihak untuk menjaga kondusifitas dan menghindari penyebaran informasi bohong (hoaks). Ia menekankan pentingnya mengikuti arahan resmi dari pemerintah daerah.

Dengan peningkatan status ini, seluruh pihak diharapkan untuk bersinergi dalam memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi erupsi Gunung Marapi.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.