Gurihnya Ganepo, Olahan Singkong Khas Kota Payakumbuh

Ganepo asli Payakumbuh. Foto: Pincuranbonjo

Payakumbuh – Payakumbuh menjadi salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki banyak kuliner penggugah selera. Kali ini ada kerupuk khas bernama Ganepo yang terbuat dari singkong.

Ganepo berbentuk seperti dadu berwarna kuning yang gurih ketika dimakan. Kuliner satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa dinikmati langsung atau disantap sebagai pendamping nasi.

Ganepo terbuat dari ubi kayu atau singkong yang berkualitas baik. Proses pengolahannya juga sederhana. Singkong yang sudah dibersihkan, dipotong dadu sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah berbentuk, singkong kemudian digoreng hingga kering lalu ditiriskan.

Selanjutnya yaitu membuat bumbu Ganepo. Bumbunya juga terbilang sederhana, yaitu kunyit, bawang merah, bawang putih, dan garam. Semua bumbu tersebut dihaluskan lalu dicampurkan dengan singkong yang telah ditiriskan sebelumnya. Aduk sampai merata dan Ganepo siap untuk dinikmati.

Kuliner satu ini memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat luas. Namun dengan cita rasa yang gurih dan nikmat, Ganepo sangat berpotensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliner khas Payakumbuh yang satu ini?