Hari Jadi ke-72, PMI Kota Pariaman Gelar Latihan Gabungan

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-72, Kota Pariaman menggelar Latihan Gabungan Antar Sesama PMR (Palang Merah Remaja) yang berada di kota tersebut.

Latihan gabungan ini merupakan ide dan kontribusi dari FORPIS (Forum Remaja Palang Merah Idonesia) Kota Pariaman sebagai bagian dari Palang Merah Indonesia di Kota pariaman.

Kegiatan yang dihadiri oleh enam PMR Tingkat Wira (SMA-sederajat) yang terdiri dari SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMKN 1, dan SMKN 2 Kota Pariaman.

Kemudian, dua PMR tingkat Madya (SMPN/sederajat) diantaranya, SMPN 1 dan SMPN 6 Pariaman.

Latihan ini sendiri dipusatkan di Markas PMI Kota Pariaman, dilanjutkan dengan LATGAB (Latihan Gabungan) di GOR Rawang, Pariaman, Minggu, (17/09/2017).

“Kegiatan ini sangat banyak nilai positifnya, terutama bagi generasi muda PMR di Kota Pariaman, dimana banyak ilmu tentang kebencanaan dan pertolongan pertama yang bisa didapat dan dipahami bersama melalui latihan gabungan ini,” kata Kepala Markas PMI Kota Pariaman Arfiner Yustin.

Arfiner berharap, nantinya ilmu yang dipahami menjadi modal dasar untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Hal ini mengingat wilayah Kota Pariaman merupakan wilayah yang termasuk rawan bencana,” jelas Arfiner.

Selain itu, menurut Arfiner, kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan nilai dan prinsip dasar Palang Merah kepda generasi muda PMI, khususnya terkait Prinsip Kemanusiaan dan Kesukarelaan.

Pasalnya, melihat perkembangan dari beberapa tahun belakangan ini di kota Pariaman, sangat kurang sekali minat menjadi seorang sukarelawan.

“Kita tidak menginginkan harus terjadi bencana dulu, baru ada sukarelawan, tapi sebelum terjadi bencana inilah kita ciptakan dan bangun sukarelawan yang tangguh dan manusiawi berlandaskan kemanusiaan sesuai dengan moto HUT PMI Ke-72 saat ini,” pungkasnya.

Loading...
KPU HIMBAUAN
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...