Jelang Lebaran, Tiga Kebakaran Terjadi dalam Sehari

Kebakaran satu unit mobil jenis Nissan Grand Livina di kawasan Simpang Kandang Pasar Baru, Kota Padang, Jumat 8 Juni 2018.
Kebakaran satu unit mobil jenis Nissan Grand Livina di kawasan Simpang Kandang Pasar Baru, Kota Padang, Jumat 8 Juni 2018. Foto : Topsatu
Kebakaran satu unit mobil jenis Nissan Grand Livina di kawasan Simpang Kandang Pasar Baru, Kota Padang, Jumat 8 Juni 2018.
Kebakaran satu unit mobil jenis Nissan Grand Livina di kawasan Simpang Kandang Pasar Baru, Kota Padang, Jumat 8 Juni 2018. Foto : Topsatu

PADANG, KABARSUMBAR – Menjelang lebaran 2018, kebakaran sepertinya tidak henti melanda Kota Padang dalam beberapa hari belakangan. Setidaknya, Jumat (8/6/2018) kemarin, tiga peristiwa kebakaran melanda Kota Padang dalam kurun waktu sehari di Kota Padang.

Korsleting Sebabkan Mobil Grand Livina Hangus Terbakar

Informasi yang dihimpun Kabarsumbar, kebakaran pertama terjadi di Jalan Simpang Kandang Pasar Baru, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang yang menimpa satu unit mobil jenis Nissan Grand Livina dengan nomor polisi (nopol) BA 1910 QN milik Desrice (35).

“Awalnya mobil sempat mengalami mogok sebelum api menyambar dari dalam kap mesin mobil saya, ” ungkap Desrice.

Desrice mengungkapkan, jika waktu itu dirinya menuju ke kawasan Pasar Padang dan hendak menepi. “Namun mobil tiba-tiba mogok, saat saya berusaha menghidupkan kembali.
Dari dalam kap mesin keluar api yang membesar,” katanya.

“Penyebab kejadian adalah karena korsleting pada mobil. Hal tersebut dilihat dari dalam kap mesin dan kabel dari mobil yang hangus,” ujar Kepala Unit (Kanit) Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Padang Ipda Tarmizi.

Kebakaran Rumah Gunung Pangilun

Selain itu, di lokasi berbeda, ‘si jago merah’ juga meluluhlantakkan rumah milik Meme (43), Warga jalan Gunung Ledang nomor 14, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Ia harus rela melihat harta bendanya hangus terbakar. Tidak banyak yang bisa diselamatkan. Akibat kejadian tersebut, Meme harus mengalami kerugian sekitar Rp200 juta.

“Untuk memadamkan api sedikitnya lima unit mobil diterjunkan ke lokasi kejadian. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” ujar Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Basril.

Dua Sepeda Motor Terbakar di SPBU

Malamnya, sekitar pukul 20.35 WIB dua sepeda motor terbakar saat mengisi bensin di SPBU Lubuk Buaya di Kota Padang.

Kejadiannya berlangsung cepat. Dua unit motor tiba-tiba terbakar dalam waktu setengah menit. Untungnya api bisa langsung dipadamkan oleh petugas SPBU,” ujar salah seorang saksi mata, Charlie

Api diduga berasal dari busi salah satu sepeda motor. Warga yang berada di SPBU pun tampak panik dan segera menjauh dari lokasi kebakaran.

Tiga kejadian tersebut terjadi di hari sama dengan waktu yang hampir bersamaan yaitu pukul 11.00 WIB, 11.20 WIB dan terakhir pada pukul 20.35 WIB.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjelang lebaran ini untuk selalu waspada akan ancaman kebakaran, terutama saat rumah ditinggal mudik,” kata Kabid Ops Damkar Kota Padang Basril.

[Putri Caprita]