Kabupaten Solok Menjadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kopi Nasional

Solok Arosuka – Kabupaten Solok menjadi tuan rumah dalam Acara Peringatan Hari Kopi Nasional Tahun 2022 yang dilaksanakan Ekowisata Solok Radjo, Kamis (24/3), bertempat di Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Bupati Solok yang diwakili Asisten Koordinator Bidang Ekbang Syahrial, menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati Solok pada acara tersebut dikarenakan ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

“Atas nama Bupati Solok, kami meyampaikan permohonan maaf Bapak Bupati yang tidak bisa hadir dikarenakan kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Kami merasa bangga karena Solok Radjo mendapat kesempatan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kopi Nasional yang jatuh pada tanggal 11 Maret. Acara ini juga disandingkan dengan Hari Jadi-nya Kabupaten Solok,” papar Syahrial.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Pemprov karena fokus mengembangkan sentral kopi arabika di kabupaten Solok dan Solok Selatan. Terdapat 27 ribu hektare lahan kopi yang terdiri dari 17 ribu hektare robusta dan 10 ribu hektare arabika. Pemerintah telah memberi dukungan bagi masyarakat untuk mendorong pertumbuhan industri kopi.

“Semoga Dekopi sebagai insan perkopian untuk mempercepat perkembangan kopi di kabupaten solok ini dan indonesia pada umumnya.” tambah Syahrial.

Ketua Dekopi Sumbar Fajarudin mengapresiasi Dekopi Pusat yang memilih kabupaten Solo sebagai tempat diselenggarakannya peringatan hari kopi nasional.

“Selamat datang kepada Ketum Dekopi Pusat dan rombongan di ranah Minang. Ini merupakan sebuah penghargaan  karena adanya penujukan oleh Dekopi Indonesia bahwasanya Kopi Solok Radjo di Nagari Aie Dingin Kabupaten Solok ditetapkan sebagai tempat memperingati hari kopi nasional.” ujar Fajarudin.

Dihadapan para tamu undangan, Fajarudin kemudian dengan bangga menyatakan kopi di Kabupaten Solok lebih pesat kemajuannya dibandingkan dengan kopi di sejumlah Kabupaten/Kota lainnya se Sumatera Barat.

Dijelaskan  Fajarudin, kopi Kabupaten Solok merupakan kopi paling maju di antara kabupaten lainnya. Pihaknya berharap dukungan atau program dari provinsi, kabupaten serta pusat dalam pengembangan kopi di Sumatera Barat kedepan.

Ketua Dekopi Sumbar itu siap berkomitmen dan bersinergi demi kemajuan kopi Sumatera Barat.

“Ucapan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah mempersiapkan acara pada hari ini, Kami Siap membantu dan mendampingi serta bermitra dalam pengembangan kopi di sumbar ini.” tambah Fajarudin.

Sementara Ketua Umum Dekopi Anton Apriyantono, juga menyampaikan ucapan berterima kasih atas terselenggaranya Peringatan Hari Kopi Nasional di Kopi Solok Radjo

Menurutnya, Dekopi pusat sangat berterimakasih karena terselenggaranya Peringatan Hari Kopi Nasional di Kopi Solok Radjo ini. Kopi arabika Solok Radjo ini menjadi unggulan kita di nasional dan sudah mulai terkenal di luar negeri. Kita harus berupaya dan meningkatkan efisiensi agar perkopian di kabupaten Solok ini akan semakin maju.” ujar Ketua Umum Dekopi dalam sambutannya.

Dengan membangun sinergitas yang baik antar daerah hingga pusat, kopi Sumatera Barat akan menjadi kopi unggulan Tanah Air hingga ke manca negara.

“Dengan kerjasama yang baik antara Dekopi Pusat, Pemprov serta Pemkab insya Allah kita bisa mewujudkan kopi di Sumbar menjadi salah satu unggulan di Indonesia maupun internasional.” jelas Anton Apriyantono.