Kader PAN, Jon Hendra : Wacana Bupati Solok Terkait Satu Unit Eskavator Untuk Satu Kecamatan, Jika Dibutuhkan Mengapa Tidak

  • Bagikan

Solok Kota – Rencana Bupati Solok, Epyardi Asda menempatkan satu unit eskavator untuk satu Kecamatan di daerah Kabupaten Solok, perlu diujudkan demi kepentingan masyarakat. Sebab Rencana tersebut sudah menjadi kebutuhan mengingat kondisi wilayah Kabupaten Solok kalau dilihat dari aspek geografis.

Jon Hendra, Kader Partai Amanat Nasonal (PAN) menilai, menempatkan satu unit eskavator di setiap kecamatan didaerah Kabupaten Solok sangat strategis dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Selain untuk mendukung pelaksanaan pembangunan, penempatan satu unit eskavator disetiap kecamatan didaerah Kabupaten Solok juga sangat tepat dalam penanggulangan yang bersifat darurat.

Pendapat Jon Hendra untuk mendukung dan mendorong Bupati Solok Epyardi Asda untuk mewujudkan Rencana yang tertuang dalam visi dan misi yang diusungnya ketika merebut BA 1 H, bukannya tanpa dasar pemikiran yang jelas. Pengalaman dirinya ketika turun ke sejumlah polosok nagari di daerah Kabupaten Solok saat proses pencalegkan tahun lalu, akses jalan sebagai urat nadi perekonomian masyarakat nagari selalu menjadi persoalan disejumlah nagari.

Baca Juga :  Jembatan Putus Akibat Banjir, 75 Warga Nagari Sungai Durian Terisolasi

Bahkan lanjutnya tidak jarang ketika terjadi bencana alam seperti longsor, membuat akses jalan terputus dan tidak dapat dilewati. Dan yang lebih memiriskan, kondisi tersebut berlangsung lama karena keterbatasan alat untuk dapat membuka akses jalan kembali.

Dan untuk mendatangkan alat eskavator, butuh waktu lama karena jarak yang jauh. Dan akibatnya masyarakat yang harus menanggung, lantaran kondisi wilayah mereka yang terkena dampak longsor harus terisolir karena putusnya akses jalan.

” Kalau wacana dalam visi dan misi tersebut dapat diujudkan menjadi rencana strategis, jelas akan membawa dampak positif bagi masyarakat yang selama ini merasakan kesulitan karena kondisi alam wilayah mereka,” ujar Jon Hendra mantan Wakil Ketua DPRD Kota Solok itu.

Dan harapan yang disampaikan Jon Hendra merupakan aspirasi dan harapan masyarakat yang ingin nagari mereka lepas dari keterisoliran akibat bencana. Dan jika rencana Bupati Solok Epyardi Asda dapat terujud lanjutnya, tentu persolan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat nagari akan dapat teratasi.

Baca Juga :  Walikota Mahyeldi Sharing Best Practice KLA Bagi 211 Kabupatenupaten/Kota se-Indonesia

Kalau berbicara lebih jauh, Jon Hendra menilai dengan menempatkan sarana seperti eskavator dekat dengan masyarakat nagari, juga akan mendorong pelaksanaan pembangunan dilakukan secara mandiri disetiap nagari. Setidaknya dalam proses pembangun dinagari akan lebih efisien dan dapat menekan biaya dengan adanya sarana pendukung seperti eskavator yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat nagari.

Setidaknya lanjut Jon Hendra, dalam merealisasikan rencana penempatan satu unit eskavator di setiap kecamatan yang ada didaerah Kabupaten Solok dengan skala prioritas sesuai dengan kondisi wilayah dan kebutuhan. Dibeberapa wilayah didaerah Kabupaten Solok, kondisi wilayahnya mamang butuh perhatian khusus oleh pemerintah.

Kurangnya fasilitas umum, membuat sejumlah nagari sulit berkembang. Bahkan akses jalan sebagai urat nadi perekonomian masyarakat juga masih menjadi persoalan yang hingga kini belum tertuntaskan.

” Mudah- mudahan dengan rencana Bupati Solok Epyardi Asda penempatan satu unit eskavator disetiap kecamatan menjadi solusi atas persoalan yang selama ini dihadapi oleh masyarakat nagari,” harap Jon Hendra.

  • Bagikan