Kafilah Sumbar Tekonfirmasi Positif, MTQ Bakal Ditunda

Sumatera Barat – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII Nasional direncanakan akan berlangsung November mendatang di Sumbar. Tetapi, 13 Kafilah Sumbar yang dipersiapkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Oleh karena itu anggota Komisi V DPRD Sumbar Nofrizon mengusulkan untuk menunda pelaksanaan MTQ tersebut.

“Kasus Covid-19 di Sumbar kian mengkhawatirkan. Sekarang hampir tiga ribu orang yang positif. Info yang saya terima, kafilah Sumbar sudah 13 orang yang kena. Saya minta pada Menteri Agama, agar MTQ ini ditunda saja dulu. Kalau ga bisa ditunda, divirtualkan saja seluruh tahapannya,” kata Nofrizon kepada salah satu media pada Minggu, 6 September 2020.

Menurutnya penundaan MTQ diusulkan karena terhitung siang kemarin, kasus positif di Sumbar semakin meningkat.

“Jika memang tak memungkinkan, lebih banyak mudarat dari pada manfaatnya, maka jangan dipaksakan. Kalau Sumbar hanya bisa kembali jadi tuan rumah 35 tahun yang akan datang, ga masalah. Yang utama, prioritaskan keselamatan masyarakat,” ucapnya

Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal ikut membenarkan bahwa beberapa orang kafilah MTQ Sumbar, termasuk sebagian pelatih tim official positif terpapar Covid-19, kasus ini terjadi sepekan lalu.

“Saat ini semuanya sudah menjalani isolasi. Sebagian besar bahkan sudah dinyatakan sembuh,” kata Jasman pada salah satu media Minggu, 6 September 2020.

Rata-rata kafilah yang dinyatakan positif Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), yang diduga terpapar Covid-19 saat menjalani training center (TC). Oleh sebab itulah, saat ini TC kafilah MTQ terpaksa ditangguhkan.

“Lebih tepatnya, mereka terpapar saat pulang ke daerah masing-masing. Ketika kembali ke Padang untuk TC, ternyata sudah positif Covid-19,” kata Jasman.

Menurut Jasman, kasus tersebut tidak akan mengganggu jalannya MTQ Nasional XXVIII yang akan digelar di Sumbar pada November 2020.

“Selain itu, jadwal TC kafilah Sumbar juga sebenarnya sudah hampir selesai. Jadi, saya kira, tidak ada masalah,” tutupnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...