Kapolda : Berikan Kenyamanan pada Wisatawan Lebaran

PADANG, KABARSUMBAR – Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal meminta semua pihak untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan Lebaran yang akan datang ke Sumbar dalam rangka libur Lebaran tahun 2018 ini.

Hal di atas disampaikan Irjen Pol Fakhrizal saat audiensi dengan Tim Percepatan Pariwisata Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Sumbar, tim sosial media dan media online di ruangan kerjanya, Senin (28/5/2018).

Hadir dalam audiensi itu, perwakilan dari Tim Percepatan Pariwisata Sumbar, Sari Lenggogeni, Siti Fatimah, Syafriawati, Haris Satria, Sekretaris Dinas Pariwisata Sumbar, Taufik Rahmadian, perwakilan Info Sumbar Fauzi, dan Pemimpin Redaksi kabarsumbar.com Hijrah Adi Sukrial.

Menurut Kapolda yang merupakan putra asli Sumbar ini, para perantau dan wisatawan Lebaran adalah agen yang nantinya akan mempromosikan pariwisata Sumbar saat kembali ke perantauan.

“Selain melalui sosial media, mereka akan bercerita dari mulut ke mulut tentang pariwisata Sumbar. Untuk itu, mereka harus dipastikan nyaman saat berada di Sumbar,” ujar alumni SMAN 2 Padang ini.

Di sisi lain, jenderal bintang dua ini mengatakan, masyarakat Sumbar harus menyadari bahwa kita tidak memiliki sumber daya alam yang banyak seperti Kalimantan. Namun, kita memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Untuk itu, kita harus membuat siapa pun yang datang aman dan nyaman, sehingga mau mempromosikan dan mau datang kembali ke Sumbar.

“Saya lima tahun dinas di Bali. Pariwisata di sana maju karena masyarakatnya sangat menyadari bahwa mereka hidup dan maju karena pariwisata. Rasa ini juga yang harus kita tanamkan agar pariwisata kita maju,” jelasnya.

Pria berkumis ini menegaskan, akan bekerja sama dengan para pegiat wisata untuk mengantisipasi segala permasalahan terkait pariwisata. Diminta, apabila ada informasi pemalakan, karcis tak sesuai, kemacetan, agar dikordinasikan ke pihak kepolisian. “Tolong beri informasi kepada saya, sehingga kita bisa segera turunkan tim untuk antisipasi,” jelasnya.

Direktur Pusat Studi Pariwisata Unand, Sari Lenggogeni memaparkan, selain pemalakan dan macet, berita hoax juga mengancam citra pariwisata Sumbar. Banyak berita tentang pariwisata Sumbar yang belum diketahui kebenarannya namun sudah viral di media sosial.

Menanggapi hal itu, Kapolda Sumbar meminta jika ada hal-hal seperti di atas agar dilaporkan, sehingga pihak kepolisian bisa segera menindaknya.

Sekain itu, Irjen Pol Fakhrizal meminta jajaran kepolisian, mulai dari Humas, Ditlantas hingga Polres bekerja sama dengan pegiat pariwisata untuk saling bertukar informasi, dengan tujuan mewujudkan kenyamanan pada wisatawan Lebaran.

“Kita minta kepada seluruh jajaran, kalau ada informasi macet, dan peristiwa lain yang menghambat perjalanan, beri info ke pegiat pariwisata ini, biar nanti disampaikan ke wisatawan melalui sosial media maupun media online yang terpercaya,” jelas Kapolda.

(Hijrah Adi Sukrial)