Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita Minangkabau – Bagian 2

Perempuan Minangkabau juga disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang. Foto: Kumparan

Padang – Wanita merupakan Limpapeh rumah nan gadang. Dari gelar tersebut dapat dilihat sangat pentingnya peran wanita di Minangkabau. Selain peran di rumah gadang, aturan dan kebiasaan juga harus dijaga oleh wanita Minangkabau

Di artikel sebelumnya, sudah dijelaskan kebiasaan yang tidak boleh dilakukan wanita Minangkabau, diantaranya: Sumbang duduak, sumbang jalan, sumbang tagak, sumbang caliak, Sumbang kato dan sumbang makan.

1. Sumbang Pakai

Wanita Minang janganlah memakai pakaian yang sempit, jarang sehingga menampakkan rahasia tubuh. Gunakanlah pakaian yang longgar, serasikan dengan warna kulit serta kondisikan dengan tepat, agar bagus dipandang oleh mata.

2. Sumbang Karajo

Pekerjaan atau profesi wanita Minang adalah yang ringan dan tidak rumit. Pekerjaan yang berat dan rumit biasanya diserahkan kepada kaum laki-laki. Karena wanita itu bersifat lemah dan lembut.

3. Sumbang Tanyo

Wanita Minang apabila mau bertanyaa tidak boleh memberi pertanyaan yang menguji seseorang. Alangkah baiknya bertanya dengan lemah lembut dan simak terlebih dahulu apa yang didengar secara baik-baik dan bertanyalah dengan jelas.

4. Sumbang Jawek

Wanita Minang jika ingin menjawab pertanyaan dari orang, jawablah dengan baik, dan tidak boleh menjawab denga asal serta jawablah sekedarnya saja apabila tidak penting maka tidak perlu.

5. Sumbang Kurenah

Sumbang kurenah yaitu, wanita Minang tidak boleh berbisik-bisik saat bersama, jangan menutup hidung di keramaian, dan jangan tertawa di atas penderitaan orang lain apalagi tertawa besar. Jika bercanda, secukupnya saja agar orang lain tidak tersinggung.

6. Sumbang Bangau

Sumbang bangau yaitu, wanita Minang tidak boleh bergaul dengan laki-laki jika hanya dia sendiri wanitanya dan tidak boleh bergaul dengan anak kecil apalagi bermain dengannya. Dalam sumbang bangau ini, wanita Minang lebih baik pelihara lidah dalam bergaul, ikhlaslah dalam menolong agar teman senang dengan kita.

Dari kebiasaan tadi, tentunya mengajarkan kepada wanita dan kita semua untuk bisa menjaga sikap dan perilaku dalam menjalani aktifitas sehari-hari.