Kesemrawutan Pasar Batusangkar Semakin Disorot

Keberadaan Pedagang Dan Parkir Jadi Masalah Utama

Fhoto : Rapat koordinasi lintas sektoral membahas kesemrawutan di Pasar Batusangkar, Selasa (04/09) di Aula Eksekutif Kantor Bupati. (ddy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM – Kondisi Pasar Batusangkar yang selama ini sering mengurai berbagai kemacetan terus disorot, kesemberawutan pedagang hingga keberadaan parkir di sepanjang jalan protokol kotapun menjadi pembahasan oleh pemerintah daerah.

Kawasan Pasar Serikat Batusangkar saat ini juga terpantau kumuh dan semrawut, mulai dari keberadaan pedagang yang memakan badan jalan menjadi salah satu masalah yang harus dipecahkan agar bisa menjadikan wajah pasar menjadi semakin baik.

Tidak hanya itu, fasilitas umum yang disediakan pengelola pasar juga kurang memadai dan terkesan jauh dari bersih. Apalagi pemandangan di pelataran parkirpun tidak tertata dengan baik sehingga menambah kesembrawutan pasar Kota Batusangkar.

“Kondisi Pasar Batusangkar seperti ini memang kita akui sangat jauh dari penataan yang baik, untuk itulah kita melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar penataan pasar bisa dilakukan dengan baik dan rapi,” ujar Kadis Koperindag Tanah Datar Marwan dalam rapat koordinasi Pembahasan Rencana Penataan Pedagang dan Meningkatkan Ketertiban di Pasar Batusangkar, Selasa (04/09) di Aula Eksekutif Kantor Bupati Pagaruyung.

Marwan menyebut, kesulitan yang dihadapi selama ini juga terjadi pada pengelolaan parkir roda dua dan roda empat di sepanjang jalan Soekarno Hatta Batusangkar.

Dengan adanya keluhan dari berbagai elemen ini ucap Marwan, sebagai OPD yang ikut juga membawahi pasar, melibatkan seluruh pihak agar dapat mencarikan jalan keluar agar penataan pasar Batusangkar bisa terkelila dengan baik.

“Untuk itu, kami akan melakukan pembenahan terhadap fasilitas-fasilitas umum, dan penataan kembali dan merenovasi bangunan bangunan yang berada di pasar Batusangkar,” ucap Marwan.

Hadir dalam acara tersebut, Wabup Zuldafri Darma, Assisten Pemerintahan, OPD terkait, pihak kepolisian dan TNI serta undangan lainnya.

Sementara itu, Assisten 1 Bidang Pemerintahan Mukhlis Assiten menghatapkan, OPD terkait harus menentukan penataan tata ruang pasar dan penempatan parkir dalam kota harus lebih diperhatikan.

“Yang perlu di pasar ini adalah fasilitas umum yang harus dibenahi, ini menjadi perhatian kita bersama,” pungkas Mukhlis. (ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...