KI Lakukan Sidang Sengketa Informasi Publik Maraton Selama Dua Hari

Padang – Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat laksanakan enam sidang sengketa informasi publik (SIP) secara maraton dalam dua hari, Kamis dan Jumat (17-18 Februari 2022).

Adapun SIP tersebut adalah, antara Pemkab Agam dengan Syarif Ihsan, Leon Agusta dengan PT. Pegadaian, Leon Agusta dengan PT. Jasa Raharja dan dan Isa Kurniawan dengan Pemprov Sumbar digelar Kamis. Sedangkan Leon Agusta dengan PT Asrindo dan Leon Agusta dengan PT. BRI dilaksanan hari ini, Jumat (18/2/2022).

“Pemkab Agam tak hadiri sidang SIP dengan agenda pemeriksaan termohon Syarif Isran tentang data kependudukan kepemilikan lahan,” ujar Komisioner membidangi Penyelesaian Sengketa Informasi Publik KI Sumbar Adrian Tuswandi.

Ketua Majelis Komisioner KI Sumbar Nofal Wiska kembali menskors sidang SIP antara Syarif Ihsan dengan Pemkab Agam. Padahal secara kepatutan sudah dipanggil dan diberitahu oleh Panitera Pengganti KI Sumbar Kiki Eko Saputra.

“Kita masih berprasangka baik kepada termohon, sidang pemeriksaan awal diskors pada sidang berikutnya, Jika termohon Pemkab Agam tidak hadir maka sidang kita lanjutkan dengan pembuktian tanpa mediasi,” ujar Nofal.

Sementara itu pada sidang SIP lain kemarin, ada dua putusan mediasi yaitu regsiter Leon Agusta Indoesia dengan PT Pegadaian dan Isa Kurniawan dengan Pemprov Sumbar.

“Satu agenda pembuktian antara Leoj Agusta Indonesia dengan PT Jasaraharja,” ujar Adrian.