Lima Alumni BLK Padang Terpilih Ikuti Boarding Sub Animator di Bekasi

Kabid Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBPLK Bekasi, Syafruddin. Foto : Istimewa

PADANG, KABARSUMBAR – Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK ) Bekasi akan melaksanakan kegiatan Boarding Sub Animator, dimana untuk Kota Padang pesertanya diambil dari BLK Padang.

Kabid Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBPLK Bekasi, Syafruddin mengatakan, program Boarding Sub Animator ini diagendakan pada 15 Juli 2018 hingga 6 minggu kedepan bersama dengan peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia mengungkapkan, dari BLK Padang, ada empat pria dan satu wanita yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Program Boarding ini, kata Syafruddin, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dari BLK berbagai daerah dengan kemampuan level dasar ke level yang lebih tinggi.

“Nantinya siswa yang sudah dilatih dari BLK berbagai daerah dilihat nilainya seluruhnya, baik dari nilai kedisiplinan, keahlian serta sisi lainnya dan ditentukan mana yang terbaik untuk kemudian di-upgrade pada level yang lebih tinggi lagi. Jadi peserta dari BLK Padang yang terpilih, kami berikan kesempatan untuk diasramakan di BPBLK Bekasi dengan tujuan meningkatkan kemampuannya dari kemampuan dasar ke tingkat menengah ke tingkat yang lebih tinggi. Saat ini boarding yang kami adakan khusus untuk Sub Animator,” ujarnya.

Syafruddin menjelaskan, Boarding Sub Animator diadakan di BPBLK Bekasi karena dari program boarding unggulan disana adalah bidang elektro dan IT.

Alhasil, untuk program boarding ini, BBLK Bekasi mengambil peserta terbaik dari bidang Design Grafis untuk diupgrade ke Digital Animator dan menyusul untuk bidang elektro dari BLK Padang juga.

Program Boarding ini sendiri sudah berjalan sejak awal tahun 2017 lalu dengan menyasar daerah pelosok dari daerah terluar yang tidak memiliki BLK dan kemudian ditarik dan dilatih di Bekasi.

Ia menjelaskan, program Boarding juga ada di empat BLK daerah lainnya yakni BLK Medan, BLK Serang, BLK Bandung dan BLK Semarang dengan program unggulan yang berbeda serta yang didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang memberikan pembiayaan maupun fasilitas secara gratis yang dibutuhkan selama pelaksanaan program.

“Sebenarnya untuk program Boarding ini tidak hanya dari BLK saja, dari masyarakat umum juga bisa mengikutinya. Hanya saja nanti koordinasi yang kami lakukan melalui Dinas Ketenagakerjaan Provinsi. Jadi kalau ada yang berminat silahkan buka Facebook BLK Bekasi guna mengetahui informasi yang selanjutnya,” jelas Syafruddin.

Hasil dari program boarding ini seperti yang dilaporkan oleh pemerintah daerah mengungkapkan bahwa mereka sangat terbantu dengan adanya program ini. Karena dengan difasilitasi seperti ini, akan menambah akses masyarakat yang lebih luas lagi.

Ada pemerintah daerah yang melaporkan setelah peserta mengikuti program boarding ini mereka dikumpulkan bersama dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang membutuhkan keahlian mereka.

“Nantinya peserta dari BLK Padang yang telah mengikuti kegiatan ini akan kembali ke Kota Padang dan diharapkan untuk dapat mendapatkan lapangan pekerjaan di perusahaan yang membutuhkan mereka” tutur Syafruddin.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...