Masa Tugas Selesai, KI Sumbar Lepas Komisioner Adrian Tuswandi

Foto : Internet

Padang – Masa tugas Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, Adrian Tuswandi, SH selesai pada Senin, 2 Oktober 2023.

Adrian Tuswandi, yang dikenal dengan panggilan Toaik, Ketua jaringan Pemred Sumbar (JPS), memutuskan mundur untuk mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Sumbar Dapil Sumbar 2 (Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman) dari Partai Ummat.

“Makan balanjuang dengan nasi bungkus, sebagai bentuk KI Sumbar melepas Adrian Tuswandi yang pengunduran dirinya secara defacto dan dejure ditandai SK Gubernur Sumbar sudah keluar,” ungkap Wakil Ketua KI Sumbar Arif Yumardi

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska berharap bahwa meskipun tidak lagi sebagai komisioner, Adrian tetap menjadi referensi untuk KI ke depan.

“Sesuai ungkapan Bang Toaik (Adrian Tuswandi), fisik keluar dari KI tapi jiwa tetap di KI, tentu Bang Toad harus siap kami ganggu tentang sidang sengketa maupun tugas lain dari KI Sumbar,” ujar Nofal Wiska.

Adrian Tuswandi memulai perannya sebagai Komisioner KI Sumbar pada 4 September 2014, dengan perjalanan lebih dari 9 tahun dalam lembaga tersebut.

“Semua yang terjadi di KI, baik atau buruk, biar tinggal di KI. Saya banyak kekurangan dan kelemahan. Sebelum berhenti, hari ini seremonial ya, saya mohon maaf,” ungkap Adrian

Keputusan Adrian untuk berhenti dipicu oleh tuntutan regulasi yang mengharuskan berhenti dari jabatan dengan dibiayai APBN atau APBD.

“Saya mencoba pertarungan baru, menjadi Caleg DPRD Sumbar untuk Pemilu 2024. Semoga dimudahkan oleh Allah SWT,” tambahnya

Pada akhir peristiwa, Ketua KI menyerahkan cendera mata sebagai simbol ikatan Toaik dengan lembaga tersebut.

“Terima kasih bu, cendramata ini membuat saya teringat terus di lembaga hebat ini,” ujar Adrian di hadapan staf dan tenaga ahli KI Sumbar.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.