Membangun Reputasi dengan Perspektif Cyber Public Relations

  • Bagikan
Foto : Viona Putri Yarisda (Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNAND)

Reputasi adalah kendaraan bagi proses terwujudnya visi sebuah perusahaan. Pemimpin yang mampu membangun visi yang jelas untuk perusahaan namun tidak mampu membangun reputasi yang baik sama artinya dengan membiarkan perusahaan terseok-seok di jalan yang penuh tanjakan dan turunan. Tidak peduli seberapa tinggi dan mulianya visi yang di canangkan, dengan reputasi yang buruk perusahaan tidak akan pernah bisa bertahan. (Dadang, 2012: 258)

Dibalik reputasi yang bagus terdapat PR yang berperan penting dalam pembentukan suatu organisasi. Pada hakikatnya PR merupakan ilmu yang strategis dan dinamis, karena dapat menyesuaikan situasi dan kondisi dalam perubahan era apapun. Citra PR pada saat ini sangatlah bagus menuntut para pelaku PR menambah kekuatannya pada media online. Karena media online merupakan kekuatan baru untuk mendukung peran PR. Pada media sosial terdapat banyak platform seperti blog, tiktok, twitter, instagram, facebook dan masih banyak lainnya yang memungkinkan untuk mengakses berbagai hal.

Dalam kegiatan cyber public relations, seorang pelaku public relations perlu untuk mempertimbangkan bagaimana merancang pengalaman yang memberikan perasaan baik, berbagi emosi, perasaan terhubung yang sejalan dengan pengembangan dan penyesuaian kegiatan public relations. Komunikasi melalui elektronik merupakan kunci utama dalam kegiatan cyber public relations yang memainkan peran untuk membuat spektakular sebuah realitas.

Aktivitas Cyber PR yang bisa dilakukan untuk memperkuat reputasi instansi. Pertama, Public Relations dapat membuat website sehingga target audience bisa memperoleh informasi sesuai dengan keinginan mereka. Kedua, menyediakan media kit online. Ketiga, mengirimkan informasi secara reguler ke media dan pelanggan. Keempat, mengaitkan bisnis perusahaan dengan topik-topik actual sehingga memudahkan pelanggan menemukan produk atau jasa. Kelima, dalam kondisi krisis, perlu menciptakan akses informasi yang lebih cepat dari biasanya dengan media internet. Keenam, bergabung dengan kelompok diskusi online sehingga bisa memantau reputasi brand dan target potensial pasar. Ketujuh, membuat promosi online dan even yang bisa memberikan dimensi baru bagi pemasaran. Semua aktifitas tersebut akan menjadi kuat dengan menggunakan Cyber PR. Widodo (2009)

Oleh karena itu, kunci keberhasilan perusahaan saat ini adalah perlunya memiliki perspektif cyber public relation yang akan membangun reputasi dengan mengkomunikasikan informasi dan mendengarkan permintaan pelanggan lewat media internet. Dan jika sudah menaruh apa pun di dunia online, baik atau buruknya reputasi suatu perusahaan dapat saja terjadi, apalagi jika tidak maksimal dalam menggunakan media online.

 

  • Bagikan