Mengenal Uta @bicarapede: Idola Baru yang Membantu Anak Muda Pede Bicara

M. Syafiul Mustapa

Jakarta-Kemampuan bicara di depan umum adalah salah satu penopang dalam menuju kesuksesan. Memahami pentingnya skill public speaking, Uta maksimalkan potensi dirinya dengan terus berlatih dan memperbanyak jam terbangnya dalam bidang public speaking.

Akan tetapi, Uta agaknya tidak ingin sukses sendirian, dalam rangka membantu anak muda khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk mempunyai kemampuan public speaking, Uta memilih untuk berbagi tips dan trik di media sosial selain aktif dalam menjadi pembicara di berbagai komunitas/organisasi, kampus, dan instansi yang ada di Indonesia.

Nama lengkapnya M.Syafiul Muktapa, akrab disapa Uta; Influencer muda bidang Public Speaking ini menjadi idola baru anak muda dalam meningkatkan skill kemampuan bicara di depan umum. Ciri khas Uta adalah kelihaian dia memberi tips public speaking dengan mencarikan akronim atau singkatan-singkatan yang mudah diingat.

Dalam selang waktu dua tahun memfokuskan diri dalam dunia public speaking, Uta telah diikuti oleh 148 ribu pengguna Instagram. Sementara itu di aplikasi Tiktok, Uta diikuti oleh 607,7 ribu pengguna pada akun bicarapede02 yang berfokus pada tips komunikasi dengan jumlah 102 postingan , dan 344,1 ribu pada akun bicarapede yang berfokus pada tips public speaking dengan total 24 video.

Peraih Certified Trainer level 4 oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) ini secara serius dan fokus baru memulai kariernya di bidang public speaking sekitar tahun 2019 akhir. Sungguh pun begitu, benih-benih minat dan bakat dalam dunia public speaking ini telah ada sejak Uta di Pondok Pesantren dimasa SMA. Uta telah menjadi juara I lomba Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) tingkat nasional sebagai Pensyarah (pengurai/pengulas) yang diadakan oleh Islamic Book Fair tahun 2015.

Syafiul Muktapa, selain aktif sebagai konten creator, ia juga aktif menjadi Master of Ceremony (MC) di berbagai acara seperti Wedding, acara-acara formal kementerian, dan acara-acara lainnya.

Dalam urusan bisnis dan pelatihan, Uta memprakarsai bicarapede.academy sebagai wadah pelatihan public speaking & MC yang telah melaksanakan lebih dari 15 batch class.