Ragam  

Momen Haru Kolonel Frega Wenas, Akhirnya Wisuda S3 di London

Momen Haru Kolonel Frega Wenas Akhirnya Ikuti Wisuda S3 pada Inggris

London – Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, PhD, FHEA akhirnya bisa jadi menikmati jalannya wisuda S3 pasca 2 tahun tertunda. Kabaglat Rindam Jaya Kodam Jayakarta ini diwisuda dalam London School of Economics and Political Science (LSE), London, Inggris pada 13 Desember 2023.

“Tentu menjadi momen haru yang digunakan membanggakan oleh sebab itu akhirnya perjuangan studi S3 saya mampu dirayakan setelahnya sebelumnya tertunda sebab pandemi Covid-19. Pertengahan dan juga akhir tahun 2021 juga 2022 sebenarnya saya telah diberi undangan untuk mengikuti wisuda namun dikarenakan masih berdinas di dalam area operasi Papua kemudian menjabat Koorspri Kasad juga Dandim Ibukota Indonesia Utara maka bukan memungkinkan hadir mengikuti prosesi wisuda secara dengan segera di area Inggris,” ujar Frega.

Baginya perayaan seremoni wisuda S3 menjadi penting selain menoleh sejenak perjuangan dirinya sebagai perwira TNI pertama yang lulus pada kampus LSE juga mendapatkan penghargaan FHEA, namun juga untuk menginspirasi para prajurit muda TNI demi terciptanya manusia unggul yang tersebut siap berkontribusi bagi konstruksi Indonesia Emas 2045.

Frega yang mana jebolan Akmil 1998 juga menyelesaikan sekolah Militer setingkat Sesko TNI di tempat Joint Forces Staff College di tempat Norfolk, Virginia, Amerika Serikat. Dia berhasil menorehkan prestasi dengan mendapatkan penghargaan JCWS Director’s Distinguished Writing Award.

Diketahui, pada 2013 Frega tercatat sebagai dosen tetap saja di area Universitas Keamanan Indonesia atau Unhan dalam mana beliau juga sudah pernah lulus sertifikasi Dosen Nasional di tempat Lingkup Bidang Studi Hubungan Internasional.

Pria kelahiran Surabaya, 5 April 1977 ini juga bergerak menulis di dalam beberapa jumlah media maupun jurnal internasional bereputasi seperti Australian Journal of International Affairs, Pacific Review, juga Journal Of Current Southeast Asian Affairs yang digunakan masuk di indeks Scopus (Q1).

Sebelum menjalankan tugas belajar di tempat Inggris, Frega pernah menjabat Wakapen Kostrad dalam mana sebelumnya beliau juga penah menjadi Kaspri Pangkostrad.

Kemudian, ia pernah menjabat Komandan Yonif Linud 330/Tri Dharma sebelum bertugas di dalam Makostrad. Dia pertama kali menjalankan tugas sebagai Danton Taruna dalam Akademi Militer pada mana kala itu para perwira lulusan terbaik ditugaskan oleh KSAD menjadi pengasuh taruna selama dua tahun.

Lepas Akmil, Frega menghabiskan waktunya berdinas di dalam jajaran Brigade Brigif Linud 17 Kostrad yang merupakan satuan elite TNI AD.

Dia juga bertugas di dalam Yonif Linud 305/Tengkorak, Yonif Linud 328/Dirgahayu hingga Denma Brigif Linud 17 Kostrad. Selama masa dinas, Frega mendapatkan banyak penugasan operasi di dalam Aceh, Poso, juga Papua.

Bahkan, beliau menerima penghargaan KSAD untuk prestasinya di area area operasi Aceh. Dia menjadi anggota kontigen AASAM yang tersebut meraih kemenangan Chief of Army Trophy, sehingga diberikan penghargaan KSAD tahun 2008 lalu.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.