Pasca Banjir Bandang, BSMI Sumbar Gelar Pengobatan Massal dan Trauma Healing di Agam

Foto : Padek

KABARSUMBAR РBulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumatera Barat beserta Cabang  melakukan aksi peninjauan langsung ke lokasi bencana pada Sabtu, 18 Mei 2024. Hal ini dilakukan menanggapi status tanggap bencana banjir di beberapa daerah di Sumatera Barat.

Tim BSMI tidak hanya memberikan bantuan berupa alat-alat pembersih lingkungan, makanan, dan pakaian, tetapi juga mengadakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga di Cangkiang, Nagari Batu Taba, Kabupaten Agam.

Dampak Banjir dan Trauma Warga

Menurut dr. Fitria Heny, Kordinator Lapangan BSMI Sumbar, banjir bandang menyebabkan dampak fisik dan psikis yang mendalam bagi warga, seperti kecemasan akan datangnya bencana susulan.

“Kecemasan dan trauma membuat warga terdampak terus berjaga sehingga kurang tidur, akibatnya tekanan darah naik dan kondisi tubuh melemah sehingga rentan terkena penyakit lainnya seperti nyeri kepala, hipertensi dan gangguan tidur,” jelas dr. Fitria Heny, yang juga Ketua BSMI Sumatera Barat.

Antusiasme Warga Mengikuti Pengobatan Massal

Warga terlihat antusias untuk memeriksakan kesehatannya. Dalam 2 jam pengobatan massal, tercatat 47 pasien terlayani dengan berbagai keluhan.

“Pasien didominasi oleh dewasa dengan keluhan nyeri kepala. Belum pulihnya lingkungan sekitar mereka oleh banjir bandang ini, ditambah dengan hujan yang masih sering turun membuat warga risau jika sewaktu-waktu hujan lebat turun kembali dan menyebabkan banjir bandang atau galodo usulan. Akibatnya mereka kurang tidur dan kelelahan. Hal ini memicu naiknya tekanan darah dan nyeri kepala,” ujar dr. Anfal Kaifa, koordinator tim medis.

Trauma Healing untuk Anak-anak

Pada kesempatan ini, BSMI berkolaborasi dengan Santika juga melakukan trauma healing bagi anak-anak korban banjir bandang lahar dingin. Anak-anak diajak untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti mewarnai, bermain, dan bernyanyi bersama. Dengan demikian mereka bisa memfokuskan pikiran pada kegiatan yang menyenangkan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan di antara sesama.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.