Pemko Padang Terapkan Absensi Online Bagi ASN

Balai Kota Padang
Balai Kota Padang. Foto : Internet

Mulai Juli 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Padang mulai menerapkan sistem absensi online untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Namun, karenaa baru menerapkan masih ada potensi kekurangan dalam penerapannya nanti.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang, Didi Aryadi menyebutkan, jika jaringan lancar maka tidak ada persoalan, namun jika terjadi jaringan yang lambat akan menjadi sorotan.

“Kita memints ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk sedikit bersabar menghadapi sistem baru ini. Soalnya yang terjadi belum tentu kesalahan dari kita, bisa saja dari perangkatnya atau faktor lainnya,” katanya di Padang.

Didi menambahkan, jika penerapan absensi online mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 guna penerapan disiplin pegawai sesuai peraturan.

“Sesuai peraturannya, sanksi yang diberikan bisa seperti penundaan naik pangkat, pemotongan tunjangan hingga pemberhentian sesuai dengan tingkat kesalahannya,” jelasnya.

Menurut Didi, absensi online menggunakan sidik jari ini jauh lebih baik dibandingkan sistem manual. “Pasalnya, keakuratan dat bisa dicapai dengan adanya mesin absensi online tersebut,” tuturnya.

Selain itu, Diskominfo juga akan menerapkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) secara online. Adanya SKP Online dapat memberikan informasi terkait pencapai kinerja masing-masing pegawai secara dunia digital.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...