Positif Covid-19, Puluhan Napi dan Petugas Rutan Batusangkar Dikarantina

  • Bagikan
Foto : Ilustrasi alat pemeriksaan Covid-19.

Tanah Datar – Puluhan narapidana dan beberapa petugas di Rumah Tahanan (Rutan) Batusangkar dinyatakan positif Covid-19. Terdapat sebanyak 44 warga binaan dan sembilan petugas di Rutan Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar dilaporkan positif terinfeksi Covid-19 pada, Rabu 5 Mei 2021.

Dalam rapat terbatas bersama Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan, dan Ketua DPRD Tanah Datar, Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan, bahwa warga binaan yang positif Covid-19 itu sudah dipisahkan dari warga binaan lainnya.

“Dalam rapat terbatas ini kita berkoordinasi intensif dengan pihak rutan. Disepakati, seluruh napi yang positif dikarantina di dalam Rutan Batusangkar, namun dipisahkan dengan yang tidak terpapar,” ujarnya pada, Rabu 5 Mei 2021 malam.

Baca Juga :  HM Nurnas Terima Penghargaan dari KPID Sumbar

Dijelaskan, kasus positif di Rutan Batusangkar itu berawal dari adanya dua warga binaan yang positif Covid-19, sebagaimana dilaporkan Kadinkes Tanah Datar, dr Yesrita.

Lalu, mendapat laporan tersebut, bupati memerintahkan Kadinkes untuk testing dan tracking secara menyeluruh kepada seluruh warga binaan dan petugas.

“Hasilnya 44 warga binaan dan sembilan petugas terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Ia menegaskan, adanya temuan kasus itu, pihaknya akan semakin menggencarkan testing dan tracking. Meskipun akan banyak kasus ditemukan, hal itu tidak menjadi masalah, karena bisa diantisipasi lebih cepat.

“Dalam teorinya, semakin banyak testing maka akan semakin banyak kasus. Ini lebih baik dari pada sedikit testing dan sedikit kasus,” katanya.

Baca Juga :  Usai TKB, Pemkab Sijunjung Batalkan Kelulusan Seorang Peserta CPNS
  • Bagikan