PPSDM Bukittinggi Adakan Webinar Keterbukaan Informasi Publik

PPSDM Bukittinggi Adakan Webinar Keterbukaan Informasi Publik Foto: AntaraNews

Bukittinggi – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Regional (PPSDM) Bukittinggi kembali mengadakan Webinar Series untuk ke empat kalinya dengan tema Keterbukaan Informasi Publik pada 21 Maret 2022.

Dilansir dari antaranews.com, Webinar PPSDM Bukit Tinggi yang keempat bertemakan Demokrasi Berkualitas, Kebijakan Publik yang Baik dan Keterbukaan Informasi Publik sebagai landasan Good Governance Berakhlak.

Pemateri yang hadir ialah Andrinof Chaniago, yang pernah menjadi Menteri Bappenas pada periode 2014-2015 dan juga s pakar kebijakan publik.

Bersamaan dengan itu webinar kali ini juga menghadirkan Nofal Wiska yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Informasi Sumbar akan membahas beberapa keterbukaan informasi yang masih belum sepenuhnya berjalan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Keterbukaan Informasi Publik telah menjadi kebijakan pemerintah, tapi masih banyak yang kurang memahaminya, karena itu kita selalu berupaya meningkatkan kompetensi ASN melalui webinar yang ke empat ini sesuai tugas PPSDM,” ujar Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi Sarjayadi melalui siaran pers.

Sedangkan menurut dia CoreValues ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) sebagaimana dicanangkan presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu harus didorong.

Target peserta webinar ini adalah ASN, pejabat pengelola informasi Publik, anggota DPRD dan OPD Provinsi, Kabupaten / Kota dan tentunya seluruh masyarakat pengguna informasi.

Sarjayadi juga berharap bahwa setiap informasi yang bersifat publik dapat diakses oleh setiap pengguna informasi, karena Informasi Publik adalah hak rakyat berdemokrasi dan praktik transparansi dan partisipasi publik.