#PrayforIndonesia : Indonesia Berduka, Ini Rangkuman Bencana di Awal 2021

  • Bagikan

Padang – Indonesia sedang berduka, memasuki tahun 2021 sejumlah bencana menimpa tanah air. Berjalan setengah bulan Januari, berbagai peristiwa telah terjadi di Indonesia.

Mulai dari peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya hingga erupsi gunung merapi. Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu yang berdekatan di Indonesia :

1. Jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ 182

Peristiwa nahas ini menghebohkan publik. Pasalnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak setelah tiga menit lepas landas dari bandara Soekarno-Hatta. Peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ini terjadi sekitar pukul 14.40 pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Pesawat ini jatuh di Kepulauan Seribu, dan membawa 50 orang penumpang serta 12 kru dengan tujuan Pontianak. Kejadian ini merupakan bencana untuk Indonesia di awal tahun.

2. Longsor di Desa Cihanjuang, Kabupaten Sumedang

Hujan deras dengan intensitas yang tinggi di Kabupaten Sumedang, mengakibatkan terjadinya longsor. Peristiwa bencana alam ini terjadi pada Minggu, 10 Januari 2021 pukul 16.30 dan 18.00.

Akibat bencana longsor ini, sebanyak 40 orang menjadi korban. Bahkan, para petugas yang sedang melakukan evakuasi juga ikut menjadi korban saat longsor susulan terjadi.

Pemerintah meminta warga di sekitar lokasi setuju direlokasi. Ini dilakukan agar tidak jatuh korban apabila longsor sewaktu-waktu terjadi. Wargapun diminta untuk mengosongan rumah, dan pindah sementara ke tempat yang lebih aman.

3. Banjir Solok 

Kota solok dilanda banjir yang mengakibatkan sebanyak 730 kepala keluarga mendapatkan dampaknya. Selasa, 12 Januari 2021 sekitar pukul 03.00 WIB

Tak hanya banjir, bencana longsor juga terjadi di Nagari Abai, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, 11 Januari 2021. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Armen mengatakan, bencana tersebut berdampak pada amblasnya jalan hingga jembatan putus.

Baca Juga :  Diduga Mengantuk Supir Travel Tabrak Mobil Kontainer, Satu Orang Meninggal Dunia

4. Banjir di Kalimantan Selatan dan Klimantan Barat

Sebanyak 7 Kabupaten atau Kota terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan tanggal 12-13 Januari 2021. Akibat banjir itu, ribuan rumah warga terendam banjir, dan tidak kurang dari 20.000 warga harus mengungsi.

Selain itu, Provinsi Kalimantan Barat terjadi banjir bandang pada 13 Januari 2021. Banjir ini disebabkan debit sungai Kumba yang mengalami peluapan.

5. Gempa Sulawesi Barat

Gempa menggoncang tanah Sulawesi Barat berkekuatan magnitudo 6,2. Gempa ini melanda pesisir barat Pulau Sulawesi, Indonesia pada tanggal 15 Januari 2021, pukul 02.28 WITA. Pusat gempa berada di 7 km timur laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km.

Peristiwa ini menyebabkan korban jiwa, berdasarkan data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu pukul 02.00 WIB korban di Sulawesi Barat (Sulbar) sebanyak 56 orang. Sebanyak sembilan orang berasal dari Kabupaten Majene sementara di Mamuju berjumlah 47 korban.

PUSDALOPS-PB BNPB juga menginformasikan, di Kabupaten Majene ada 12 orang terdata luka berat, ± 200 orang luka sedang dan ± 425 orang luka ringan. Sebanyak ± 15.000 orang warga Majene terpaksa mengungsi. Sementara di Kabupaten Mamuju, ada 189 orang luka berat/rawat inap akibat gempa ini.

6. Semeru Erupsi

Gunung Semeru yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu 16 Januari 2021 pukul 17.24. Saat kejadian, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) sejauh 4,5 kilometer.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana dan Geologi ( PVMBG), guguran awan panas (APG) sudah terjadi sejak 1 Januari 2021. Berikut data PVMBG sejak awal Januari hingga hari ini dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu 17 Januari 2021.

Baca Juga :  Geger ! Pria Asal Payakumbuh Nikahi Adik Kandung

7. Merapi Erupsi

Terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, gunung merapi muntahkan lahar dan awan panas.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat mencatat setidaknya ada 6 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 600 meter dari aktivitas Gunung Merapi pada pukul 00.00 sampai 06.00 WIB Senin 18 Januari 2021.

Sementara itu terjadi aktivitas Awan Panas Guguran (APG) dengan jarak luncur kurang lebih 1000 kilometer ke arah Barat Daya atau Kali Krasak pada Senin pukul 05.43 WIB.

8. Manado diterjang Gelombang Tinggi, Banjir hingga Longsor

Banjir, longsor hingga gelombang tinggi menerjang Kota Manado, Sulawesi Utara.

Banjir dan longsor ini terjadi pada, Sabtu 16 Januari 2021. Akibatnya enam orang dilaporkan meninggal dunia. Selain korban jiwa, banjir dan longsor juga menimbulkan kerugian material yakni dua unit rumah rusak berat dan 10 unit rumah rusak sedang.

Setelah banjir dan longsor, pada Minggu 17 Januari 2021 sore, wilayah pesisir Pantai Manado dihamtam gelombang tinggi. Kawasan yang diterjang ombak besar di antaranya kawasan Megamas dan area Manado Worn Square (Mantos).

Kini pemerintah melakukan upaya terbaik dalam menangani berbagai peristiwa yang ternjadi di tanah air. Mengingat kondisi Indonesia yang dilanda berbagai bencana, tagar #PrayforIndonesia menjadi ramai di Twitter sejak Sabtu malam. Tagar ini dipakai netizen untuk menyampaikan duka dan kampanya peduli terhadap sesama.

 

  • Bagikan