Puluhan Masyarakat Lakukan Pungli di Objek Wisata Padang

warga yang diamankan tim saber Pungli saat di Mapolresta Padang
warga yang diamankan tim saber Pungli saat di Mapolresta Padang
warga yang diamankan tim saber Pungli saat di Mapolresta Padang
warga yang diamankan tim saber Pungli saat di Mapolresta Padang

PADANG, KABARSUMBAR—Puluhan masyarakat yang melakukan pungutan Liar dan retribusi diluar batas normal terhadap pengunjung Objek Wisata Padang berhasil diamankan Petugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jumat sore (22/6/2018).

Petugas tersebut terdiri dari Polresta Padang, TNI, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Tak tanggung-tanggung, aparat gabungan mengamankan 40 orang yang tersebar di berbagai titik di objek wisata yang terkenal dengan logo ‘Padang IORA’-nya tersebut. Tiga orang diantaranya perempuan,” kata Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan.

Hingga saat ini, pihaknya sudah berhasil mengamankan 80 orang lebih yang terlibat dalam dugaan tindakan pungli.

“Yang terbanyak itu di Pantai Cimpago mencapai 40 orang, lalu di Pantai Air Manis dan Transmart masing-masing 25 orang,” pungkasnya.

Dari puluhan orang yang diamankan tersebut, polisi berhasil menyita puluhan karcis palsu dan ratusan ribu uang pengunjung yang diduga hasil melakukan pungli dengan dalih retribusi parkir tersebut.

“Mereka kami amankan setelah ada bukti dari rekaman kamera pengintai yang tersebar di objek wisata dan laporan masyarakat serta pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) dari tim gabungan,” ujarnya.

Selain itu, kata Kapolresta Padang mereka diringkus karena tidak mengenakan seragam atau atribut yang memperlihatkan layaknya petugas parkir. “Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), kami rutin melakukan razia ke titik yang dianggap rawan seperti objek wisata pantai dan pusat perbelanjaan yang ada di Kota Padang,” tuturnya.

[Putri Caprita]