Raskin 2,6 Ton Beserta Kantor Walinagari Aripan Diamuk Si Jago Merah

SOLOK, KABARSUMBAR – Raskin (Beras Miskin) sebanyak 2,6 ton beserta Kantor Walinagari Aripan di Kecamatan X Koto Singkarak ludes terbakar subuh tadi, Jum’at (15/2). Sejumlah inventaris kantor turut habis menjadi abu.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran itu pertama kali diketahui Abdul Gafar (52). Dirinya melihat seperti ada cahaya api dari arah kantor walinagari.

Abdul Gafar yang subuh itu hendak pergi ke masjid, langsung keluar rumah dan memastikan sumber api. Ia terkejut saat api sudah membesar di beberapa titik bangunan kantor walinagari.

Tanpa basa-basi, ASN yang bekerja di Balitbang Aripan itu langsung berteriak mintak tolong pada warga sekitar dan langsung menghubungi aparat nagari setempat.

Informasi itu langsung menyeruak di subuh buta, warga mulai berdatangan dan juga aparat nagari serta anggota TNI-Polri setempat, tidak lama berselang, sejumlah mobil Damkar tiba di lokasi dan melakukan upaya pemadaman.

“Mendapat informasi, kita langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman dengan mengerahkan 3 unit mobil Damkar Kabupaten Solok dan dibantu satu unit Damkar Kota Solok,” ungkap Kabid Damkar Kabupaten Solok, Un Khairul.

Sulitnya sumber air membuat petugas cukup kewalahan, dibantu warga dan aparat setempat, baru sekitar pukul 06.30 WIB, api akhirnya bisa dikuasai namun, barang-barang berharga milik pemerintah nagari tidak bisa diselamatkan dan hangus bersama puing bangunan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun informasi sementara, isi kantor berupa beras Raskin yang diperkirakan sebanyak 2,6 ton, 6 unit Laptop, 1 set komputer, 1 unit Infocus, Genset, 8 unit lemari arsip dan dokumentasi lainnya tidak bisa diselamatkan.

Hingga kini, masih belum diketahui penyebab pasti kebakaran yang menyebabkan kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta tersebut, masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

(Fernandez)

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...