Relawan ‘Padang Baywatch’ Bekerja Ikhlas

Anggota Padang Baywatch saat melakukan pengawasan dengan menyisir perairan pantai yang ada di Padang, Sumbar. Photo : IG @tanharimage
Anggota Padang Baywatch saat melakukan pengawasan dengan menyisir perairan pantai yang ada di Padang, Sumbar. Photo : IG @tanharimage

PADANG, KABARSUMBAR-Selama musim libur lebaran 2018, Disbudpar Padang memprediksi, pengunjung akan menyerbu pantai untuk berlibur dan menikmati destinasi wisata andalan tersebut. Mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

Petugas penjaga pantai, disebut Padang Baywatch. Kelompok kecil tapi tangguh ini akan bekerja maksimal dimulai Kamis (16/8/2018) hingga Minggu (24/6/2018).

Keanggotaanya berjumlah 30 orang dan memiliki beberapa relawan yang siap memberikan kenyamanan bagi pengunjung saat menikmati libur hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 Masehi.

Bincang-bincang bersama Ketua Padang Bywatch, Syaharil, Kamis (14/6/2018). Padang Baywatch akan bertugas melakukan pemantauan, menyisir pantai dari Pantai Aia Manih sampai Pantai Muaro Lasak Cimpago, Padang Barat.

Katanya, ada empat posko yang akan menjadi tanggung jawab Padang Baywatch, yakni Pantai Aia Manih, Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, dan Cimpago.

Saat bertugas, Padang Baywatch selalu berkoordinasi dengan tim yang tergabung dalam Operasi Ketupat Singgalang 2018. Pos-pos pengamanan yang telah tersebar di sejumlah titik di Padang terutama dekat kawasan pantai.

Saat bekerja akan menyisir pantai pada pagi hari, kemudian di sore hari dilanjutkan dengan memantau serbuan pengunjung di bibir pantai. Posisi petugas saat berada di perahu karet akan memantau dan kemudian mengimbau pengunjung yang sedang berenang untuk tidak berada di luar radius 200 meter.

“Kami akan menurunkan anggota pada tiap pantai dari atas perahu karet dan menyelam serta berenang mendekati pengunjung untuk tidak terlalu jauh dari bibir pantai,” kata Syahril.

Ketua Padang Baywatch berharap, agar pengunjung pantai tetap mematuhi rambu-rambu dan imbauan, agar berlebaran tidak berujung duka.

Pengalaman sebelumnya, katanya, kondisi cuaca cukup ekstrem. Meskipun libur lebaran 2018, kondisi cuaca landai, akan tetapi tetap sikap awas.

“Kami akan bekerja ekstra agar pengunjung nyaman dan menikmati lebaran dengan kegembiraan,” katanya.

Padang Baywatch, acap kali diremehkan. Sementara, kehadiran mereka salah satu bentuk kepedulian, menolong korban ketika terseret arus laut, demi tugas rela tidak berlebaran dan atau gembira dengan keluarga.

[lidairak]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...