Setelah Sumanik, Tahun 2019 Rambatan Juga Dapat Alokasi Sumur Bor Air Bersih

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Setelah Nagari Sumanik, Program Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI juga akan dinikmati oleh masyarakat di Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Sabtu (23/02) usai peresmian sumur bor air bersih di Jorong Guguk Tinggi Nagari Sumanik, Kecamatan Salumpaung, Tanah Datar.

“Ya, ada satu lagi jatah Kabupaten Tanah Datar, kalau nggak salah di III Koto Kecamatan Rambatan. Tahun 2019 ini sudah kita anggarkan,” kata Arcandra.

Jelasnya, program sumur bor air bersih ini memang diprioritaskan bagi daerah yang dinilai ketersediaan air bersih kurang, sehingga kementerian ESDM bertanggung jawab untuk memberikan solusi.

“Satu sumur bor saja dibiayai sekitar Rp 500 juta. Ini tidak main-main, dan itu dikerjakan oleh tenaga ahli. Titik pemboran juga sudah melalui analisa yang baik,” jelasnya.

Arcandra menyebutkan, ditahun 2018 lalu program pengentasan daerah sulit air bersih telah membangun sebanyak 506 unit di seluruh Indonesia. Dan tahun 2019 katanya juga akan dibangun sebanyak 650 unit lagi.

“Melalui program pengeboran air tanah ini, sebanyak 9 unit daerah di Sumbar sudah dapat menikmati air bersih. Seperti Kota Padang 2 unit, Kabupaten Agam 2 unit, dan masing-masing 1 unit di Kabupaten Dharmasraya, 50 Kota, Tanah Datar, Pasaman Barat, dan kabupaten Sijunjung,” ucap Wamen.

Ia mengharapkan, masyarakat Tanah Datar dapat memanfaatkan program ini.

“Kita sudah buktikan program pro kerakyatan ini dapat membantu masyarakat. Dan sebagai mitra kerja DPR RI Komisi VII juga puas dengan target yang dilakukan,” tutup Arcandra Tahar. (Ddy)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...